Selasa, 15 Maret 2016

The Ashton Manual. BAB II. Bagaimana untuk Lepas dari Benzodiazepines Setelah Pemakaian Jangka Panjang?

Berikut ini adalah terjemahan dari Ashton Manual.



CHAPTER II
BAGAIMANA UNTUK LEPAS DARI BENZO SETELAH PEMAKAIAN JANGKA PANJANG?


LATAR BELAKANG

Pada awal saya membuka klinik penarikan Benzodiazepine pada tahun 1982 , tidak memiliki banyak pengalaman dalam penarikan benzodiazepine. Namun , seperti dijelaskan pada Bab I , ada tekanan yang kuat dari pasien sendiri untuk meminta bantuan dan saran tentang cara untuk lepas dari obat ini. Jadi , bersama-sama , kami merasa satu visi . Pada awalnya penarikan adalah proses percobaan ( dan kadang-kadang error ) , tetapi melalui pengalaman ini beberapa prinsip umum penarikan - apa yang terbaik bagi kebanyakan orang - muncul . Prinsip-prinsip umum , berasal dari 300 yang hadir di klinik sampai tahun 1994, telah dikonfirmasi banyak ratusan pengguna benzodiazepine berhasil melalui kelompok dukungan orang yang ketergantungan obat penenang di Inggris dan luar negeri dan dengan kontak pribadi dengan individu dari banyak negara .

Segera menjadi jelas bahwa pengalaman masing-masing orang dalam penarikan itu berbeda-beda. Meskipun ada banyak fitur yang sama, setiap individu memiliki / polanya sendiri dalam gejala penarikan. Ini berbeda dalam jenis, kualitas, tingkat keparahan, time-course, durasi, dan banyak fitur lainnya. Berbagai hal seperti ini tidak mengherankan karena jalannya penarikan tergantung pada banyak faktor: dosis, jenis, potensi, durasi kerja dan panjang penggunaan benzodiazepin tertentu, alasan itu ditentukan oleh kepribadian dan kerentanan individu pasien, atau gaya hidupnya, tekanan pribadi dan pengalaman masa lalu, tingkat penarikan, dan tingkat dukungan yang tersedia selama dan setelah penarikan, bisa dibilang hanya beberapa. Untuk alasan ini disarankan dalam melakukan penarikan obat dengan mengikuti panduan umum; setiap individu harus mencari rincian jalur sendiri. Tapi panduan yang diperoleh dari pengalaman keberhasilan penarikan dari sejumlah besar pria dan wanita berusia 18-80 dengan latar belakang yang berbeda rumah, pekerjaan, sejarah obat dan tingkat penarikan. Tingkat keberhasilan tinggi (lebih dari 90%), dan mereka yang telah ditarik, bahkan setelah mengambil benzodiazepin selama lebih dari 20 tahun, merasa lebih baik secara fisik dan mental.

Jadi , bagi mereka yang ingin memulai , banyak pengguna sebelumnya akan bersaksi bahwa hampir semua orang benar-benar ingin menarik diri dari benzodiazepin . Tapi jangan heran jika gejala Anda ( atau kurangnya mereka ) yang berbeda dari orang lain memulai usaha yang sama .


KENAPA KAMU HARUS LEPAS DARI BENZO?

Seperti dijelaskan dalam Bab I , penggunaan jangka panjang benzodiazepin dapat menimbulkan banyak efek yang tidak diinginkan , termasuk rendahnya memori dan kognisi , menumpulkan emosional , depresi , meningkatkan kecemasan , gejala fisik dan ketergantungan . Semua benzodiazepin dapat menghasilkan efek ini baik digunakan sebagai pil tidur atau obat anti - kecemasan . Konsekuensi sosial dan ekonomi dari penggunaan benzodiazepine kronis dirangkum dalam Tabel 3 ( Bab I ) .

Selanjutnya , bukti menunjukkan bahwa benzodiazepin tidak lagi efektif setelah beberapa minggu atau bulan penggunaan biasa . Mereka kehilangan banyak khasiat mereka karena perkembangan toleransi . Ketika toleransi berkembang , gejala penarikan dapat muncul meskipun pengguna terus meminum obat . Sehingga gejala yang diderita oleh banyak pengguna jangka panjang adalah campuran dari efek samping dari obat-obatan dan efek penarikan karena toleransi . Komite Keselamatan Obat dan Royal College of Psikiater di Inggris menyimpulkan dalam berbagai pernyataan ( 1988 dan 1992) bahwa benzodiazepin tidak cocok untuk penggunaan jangka panjang dan bahwa mereka harus secara umum diresepkan untuk periode 2-4 minggu saja.

Selain itu , pengalaman klinis menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna benzodiazepin jangka panjang benar-benar merasa lebih baik setelah meminum dari obat . Banyak pengguna telah mengatakan bahwa mereka tidak menyadari bahwa mereka telah ketergantungan hingga mereka sadar ketika tidak mengkonsumsinya dan selama ini telah dikendalikan alam bawah sadar . Seolah-olah tirai bersih atau cadar telah diangkat dari mata mereka : perlahan-lahan , kadang-kadang tiba-tiba , warna menjadi lebih cerah , rumput hijau , pikiran yang lebih jelas , ketakutan lenyap , suasana hati mengangkat , dan kekuatan fisik kembali .

Jadi ada alasan baik untuk pengguna jangka panjang untuk menghentikan benzodiazepin jika mereka merasa tidak bahagia karena obat itu. Banyak orang yang takut efek penarikan, perasaaan  "pergi ke neraka" dapat sangat dibesar-besarkan. Dengan jadwal ketat cukup bertahap dan individual, seperti diuraikan di bawah, penarikan dapat cukup lumayan, bahkan mudah, terutama ketika pengguna memahami penyebab dan sifat gejala yang timbul dan oleh karena itu tidak perlu  takut. Banyak "gejala penarikan" hanya karena takut penarikan (atau bahkan sangat takut). Orang-orang yang telah memiliki pengalaman buruk biasanya telah ditarik terlalu cepat (sering oleh dokter!) Dan tanpa penjelasan tentang gejala penarikannya. Pada hal ekstrem yang lain, beberapa orang dapat menghentikan benzodiazepin tanpa gejala sama sekali: menurut beberapa pihak berwenang, angka ini mungkin setinggi 50% bahkan setelah satu tahun penggunaan kronis. Bahkan jika angka ini benar (yang diperdebatkan) adalah tidak bijaksana untuk menghentikan benzodiazepin tiba-tiba.


Keuntungan dari penghentian benzodiazepin tidak berarti bahwa setiap pengguna jangka panjang harus menarik diri . Tak seorang pun harus dipaksa atau dibujuk untuk menariknya. Bahkan , orang-orang yang enggan didorong ke penarikan sering melakukan hal buruk . Di sisi lain , peluang keberhasilan yang sangat tinggi bagi mereka yg termotivasi cukup . Seperti disebutkan sebelumnya , hampir semua orang yang benar-benar lepas dari benzo akan bisa lepas dari benzodiazepin . pilihan terserah Anda .


SEBELUM MEMULAI UNTUK MENARIK BENZO

Ketika kamu sudah berniat untuk lepas dari benzo ada beberapa hal yang harus kamu tahu.

( 1 ) Konsultasikan dengan dokter dan apoteker . Dokter Anda mungkin memiliki pandangan tentang apakah sesuai bagi Anda untuk berhenti dari benzodiazepin Anda . Dalam sejumlah kecil kasus penarikan mungkin tidak disarankan . Beberapa dokter , khususnya di Amerika Serikat , percaya bahwa benzodiazepin jangka panjang diindikasikan untuk beberapa kecemasan , panik dan fobia gangguan dan beberapa kondisi kejiwaan . Namun , pendapat medis berbeda dan , bahkan jika penarikan lengkap tidak disarankan , mungkin bermanfaat untuk mengurangi dosis atau dengan dosis yang sebentar-sebentar dengan interval tertentu.

Perjanjian kesepakatan dan kerjasama dengan dokter diperlukan karena dia yang meresepkan obat. Banyak dokter tidak yakin bagaimana mengelola penarikan benzodiazepine dan ragu untuk melakukan itu . Tapi Anda bisa meyakinkan dokter bahwa Anda berniat untuk bertanggung jawab atas program Anda sendiri dan akan dilanjutkan pada kecepatan apa pun yang Anda rasa nyaman , meskipun Anda mungkin menghargai nasihat dokter dari waktu ke waktu . Hal ini penting bagi Anda untuk mengendalikan jadwal Anda sendiri . Jangan biarkan dokter Anda memaksakan tenggat waktu . Bebaskan diri anda “lakukan sebagaimana pintu terbuka " , seperti kata Quaker .

Ini adalah ide yang baik untuk membuat sebuah jadwal pengurangan dosis untuk tahap awal ( lihat di bawah ) dan memberi dokter salinannya . Anda mungkin perlu menyebutkan pentingnya fleksibilitas , sehingga laju dosis tapering dapat diubah setiap saat . Bahkan mungkin ada situasi ketika Anda harus berhenti untuk sementara waktu pada tahap tertentu . Jadwal kelanjutan dapat mengikuti kemudian tergantung pada bagaimana kemampuan Anda, dan dokter dapat terus meresepkan sesuai dengan jadwal baru . ( Semua ini dijelaskan nanti dalam bab ini ) .

Akhirnya , dokter mungkin menghargai dan menerima beberapa literatur tentang penarikan benzodiazepine , misalnya artikel yang disebutkan di bawah Bacaan lebih lanjut pada akhir Bab I & III dan bab ini .

( 2 ) Pastikan Anda memiliki dukungan psikologis yang memadai . Dukungan bisa datang dari pasangan Anda, keluarga atau teman dekat . Seorang dokter yang mengerti  mungkin juga menjadi orang yang menawarkan dukungan serta saran . Idealnya , mentor Anda harus seseorang yang mengerti tentang penarikan benzodiazepine atau disiapkan untuk membaca tentang hal itu dan belajar . Tidak perlu seseorang yang telah melalui penarikan - Kadang mantan pengguna yang telah memiliki pengalaman buruk dapat menakut-nakuti orang lain dengan tinggal pada gejala mereka sendiri . Seringkali bantuan seorang psikolog klinis , konselor terlatih , atau terapis lain yang lebih baik , terutama untuk mengajar teknik relaksasi , pernapasan dalam , bagaimana menangani serangan panik dll Beberapa orang menemukan teknik alternatif seperti aromaterapi , akupunktur atau yoga membantu, tapi ini mungkin hanya bertindak sebagai bantuan untuk relaksasi . Dalam pengalaman saya , hipnoterapi belum membantu dalam pengguna benzodiazepin jangka panjang . Teknik relaksasi dijelaskan pada Bab III .

Daripada terapis mahal , Anda membutuhkan seseorang yang dapat diandalkan , yang akan mendukung Anda secara kontinu dan  teratur , jangka panjang , baik selama penarikan dan untuk beberapa bulan setelah itu . Kelompok pendukung ( self-help kelompok ) bisa sangat membantu . Mereka biasanya dijalankan oleh orang-orang yang telah melalui penarikan dan karena itu memahami waktu dan kesabaran diperlukan , dan dapat memberikan informasi tentang benzodiazepin . Hal ini dapat membuat  Anda merasa tidak sendirian , bahwa ada banyak orang lain dengan masalah serupa dengan Anda . Namun, jangan disesatkan menjadi takut bahwa Anda akan mendapatkan semua gejala yang dijelaskan oleh orang lain . Setiap orang berbeda dan beberapa orang , dengan jadwal yang tepat dan dukungan yang tepat , bisa saja tidak ada gejala yang tak diinginkan sama sekali . Banyak orang sebenarnya telah berhasil dengan usaha mereka sendiri tanpa bantuan dari luar .


(3) Masuk ke dalam pola pikir yang benar

Percaya diri - Anda bisa melakukannya . Jika ragu , cobalah mulai menurunkan dosis yang sangat kecil selama beberapa hari ( misalnya , mencoba mengurangi dosis harian Anda sekitar sepersepuluh atau seperdelapan , Anda mungkin dapat mencapai ini dengan mengurangi separuh atau quartering salah satu tablet Anda ) . Anda mungkin akan menemukan bahwa Anda melihat ada perbedaan . Jika masih ragu , bertujuanlah untuk mengurangi dosis daripada penarikan lengkap . Anda mungkin akan ingin melanjutkan setelah Anda mulai .

Sabar. Tidak perlu terburu-buru untuk melakukan penarikan . tubuh Anda ( dan otak ) mungkin perlu waktu untuk menyesuaikan setelah bertahun-tahun berada di benzodiazepin . Banyak orang telah menghabiskan waktu satu tahun atau lebih untuk menyelesaikan penarikan . Jadi jangan terburu-buru , dan , di atas semua , jangan mencoba untuk berhenti tiba-tiba (cold turkey=CT) .

Pilihlah jalan Anda sendiri - jangan berharap " perbaikan yang cepat " . Kemungkinan untuk masuk rumah sakit atau pusat khusus untuk " detoksifikasi " . Pendekatan seperti itu biasanya melibatkan penarikan yang cukup pesat , secara medis " aman" dan dapat memberikan dukungan psikologis . pusat tersebut mungkin cocok untuk sebagian kecil orang dengan masalah psikologis yang sulit . Namun, mereka sering menghapus kontrol penarikan dari pasien dan memulai lagi ketika pasien pulang , terutama karena belum ada waktu untuk membangun keterampilan hidup alternatif . penarikan lambat di tempat tinggal Anda sendiri memungkinkan waktu untuk penyesuaian fisik dan psikologis , memungkinkan Anda untuk melanjutkan kehidupan normal Anda , untuk menyesuaikan penarikan Anda dengan gaya hidup Anda sendiri , dan untuk membangun strategi alternatif untuk hidup tanpa benzodiazepin .


PENARIKAN

(1)    Dosis Tappering. Sama sekali tidak ada keraguan bahwa siapa pun yang menarik diri dari benzodiazepin jangka panjang harus mengurangi dosis perlahan. Tiba-tiba atau terlalu cepat melakukan penarikan, terutama dari dosis tinggi, dapat menimbulkan gejala berat (kejang, reaksi psikotik, kecemasan akut) dan dapat meningkatkan risiko gejala penarikan berkepanjangan (lihat Bab III). penarikan lambat berarti dosis tappering  secara bertahap, biasanya selama beberapa bulan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan penurunan halus, stabil dan lambat dalam darah dan jaringan konsentrasi benzodiazepin sehingga sistem alam di otak dapat memulihkan keadaan normal mereka. Sebagaimana dijelaskan dalam Bab I, benzodiazepin jangka panjang mengambil alih banyak fungsi sistem penenang alami tubuh, dimediasi oleh neurotransmitter GABA. Akibatnya, reseptor GABA di otak mengurangi dalam jumlah dan fungsi GABA menurun. penarikan tiba-tiba dari benzodiazepin menyebabkan otak dalam keadaan GABA-underactivity, sehingga hipereksitabilitas sistem saraf. hipereksitabilitas ini adalah akar penyebab dari sebagian besar gejala penarikan dibahas dalam bab berikutnya. Namun, cukup lambat, dan halus, keberangkatan benzodiazepin dari tubuh memungkinkan sistem alam untuk mendapatkan kembali kontrol dari fungsi yang telah teredam turun oleh kehadiran mereka. Ada bukti ilmiah bahwa pemulihan fungsi otak membutuhkan waktu yang lama. Pemulihan setelah digunakan benzodiazepine jangka panjang adalah tidak berbeda dengan penyembuhan secara bertahap tubuh setelah operasi bedah besar. Penyembuhan, tubuh atau pikiran, adalah proses yang lambat.

Tingkat yang tepat dari penarikan adalah masalah pribadi . Hal ini tergantung pada banyak faktor termasuk dosis dan jenis benzodiazepine yang digunakan , durasi penggunaan , kepribadian , gaya hidup , pengalaman sebelumnya , kerentanan tertentu , dan kecepatan (mungkin ditentukan secara genetik ) dari sistem pemulihan Anda . Biasanya hakim terbaik adalah Anda , diri sendiri ; Anda harus berada dalam kontrol dan harus melanjutkan pada kecepatan yang nyaman untuk Anda . Anda mungkin perlu untuk menolak upaya dari pihak luar ( klinik , dokter ) untuk membujuk Anda ke dalam penarikan cepat . Enam minggu periode penarikan klasik diadopsi oleh banyak klinik dan dokter jauh terlalu cepat bagi banyak pengguna jangka panjang . Sebenarnya , tingkat penarikan , asalkan cukup lambat , tidak kritis . Apakah itu membutuhkan waktu 6 bulan , 12 bulan atau 18 bulan itu sangat berharga  jika Anda telah mengambil benzodiazepin untuk hitungan tahun .

Kadang-kadang diklaim bahwa penarikan sangat lambat dari benzodiazepin "hanya memperpanjang penderitaan " dan lebih baik untuk mendapatkan lebih dengan secepat mungkin . Namun, pengalaman kebanyakan pasien adalah bahwa penarikan lambat adalah sangat disukai , terutama ketika subjek menentukan kecepatan . Memang , banyak pasien menemukan bahwa ada sedikit atau tidak ada " penderitaan " yang terlibat . Namun demikian ada tingkat keajaiban penarikan dan setiap orang harus menemukan langkah yang sesuai dengan dirinya yang terbaik . Orang-orang yang telah di dosis rendah benzodiazepin untuk waktu yang relatif singkat ( kurang dari satu tahun ) biasanya dapat menarik cukup cepat . Mereka yang telah di dosis tinggi benzodiazepin ampuh seperti Xanax dan Klonopin (Riklona)mungkin membutuhkan lebih banyak waktu .

Contoh jadwal penarikan lambat diberikan pada akhir bab ini . Sebagai panduan yang sangat kasar , orang mengambil 40mg diazepam hari ( atau ekuivalen) mungkin bisa mengurangi dosis harian sebanyak 2mg setiap 1-2 minggu sampai dosis 20mg diazepam per hari tercapai . Ini akan mengambil 10-20 minggu . Dari 20mg diazepam per hari , pengurangan dari 1 mg dosis harian setiap minggu atau dua mungkin lebih . Ini akan memakan waktu 20-40 minggu , sehingga total penarikan mungkin bertahan 30-60 minggu . Namun beberapa orang mungkin lebih memilih untuk mengurangi lebih cepat dan beberapa mungkin pergi bahkan lebih lambat . ( Lihat bagian berikutnya untuk informasi lebih lanjut ) .

Namun , penting dalam penarikan untuk selalu terus berjalan ke depan . Jika Anda mencapai titik yang sulit , Anda dapat berhenti di situ selama beberapa minggu jika perlu , tetapi Anda harus mencoba untuk menghindari mundur ke belakang dan meningkatkan dosis Anda lagi . Beberapa dokter menganjurkan penggunaan " escape pill " ( dosis ekstra benzodiazepin ) dalam situasi yang sangat menegangkan . Ini mungkin bukan ide yang baik karena mengganggu slow tappering dalam konsentrasi benzodiazepine dan juga mengganggu proses belajar untuk mengatasi tanpa obat yang merupakan bagian penting dari adaptasi untuk penarikan . Jika penarikan cukup lambat , " escape pill " seharusnya tidak perlu .

(2)    Beralih ke long-acting benzo. Dengan short-acting benzodiazepin seperti alprazolam ( Xanax ) dan lorazepam ( Ativan ) ( Tabel 1 , Bab I ) , tidak mungkin untuk mencapai slow tappering  dalam darah dan konsentrasi jaringan . Obat ini dihilangkan cukup cepat dengan hasil bahwa konsentrasi berfluktuasi dari paling tinggi ke terrendah antara setiap dosis . Hal ini diperlukan untuk mengambil tablet beberapa kali sehari dan banyak orang mengalami " mini-tappering " , keinginan sewaktu-waktu, antara setiap dosis .
Bagi orang-orang yang menarik diri dari ini, obat short-acting sangat disarankan untuk beralih ke long-acting, yang perlahan dimetabolisme seperti diazepam. Diazepam (Valium) adalah salah satu benzodiazepin paling lambat dihilangkan. Ia memiliki half-life hingga 200 jam, yang berarti bahwa zat itu ada dalam darah selama 8,3 hari. Satu-satunya benzodiazepin lainnya dengan sejenis paruh yang chlordiazepoxide (Librium), flunitrazepam (Rohypnol) dan flurazepam (Dalmane), yang semuanya dikonversi menjadi metabolit diazepam dalam tubuh. Eliminasi yang halus dari diazepam, jatuh bertahap di tingkat darah, memungkinkan tubuh untuk menyesuaikan perlahan untuk menurunkan dosis dari benzodiazepin. Proses switch-over perlu dilakukan secara bertahap, biasanya dalam mode bertahap, mengganti satu dosis pada suatu waktu. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah perbedaan potensi antara benzodiazepin yang berbeda. Banyak orang telah menderita karena mereka telah beralih tiba-tiba obat yang berbeda, kurang ampuh dalam dosis yang tidak memadai karena dokter belum menganggap faktor ini. potensi setara benzodiazepin ditunjukkan pada Tabel 1 (Bab I), tapi ini hanya perkiraan dan berbeda antara individu.
Faktor kedua yang perlu diingat adalah bahwa berbagai benzodiazepin, meskipun secara umum sama, memiliki profil yang sedikit berbeda dari tindakan. Misalnya, lorazepam (Ativan) tampaknya memiliki lebih sedikit efek hipnotis dari diazepam (mungkin karena itu adalah short-acting). Jadi jika seseorang di, katakanlah, 2mg Ativan tiga kali sehari langsung beralih ke 60mg diazepam (dosis ekuivalen untuk kecemasan) dia akan menjadi sangat mengantuk, tetapi jika ia beralih tiba-tiba ke dosis yang jauh lebih kecil dari diazepam, dia akan mungkin mendapatkan gejala penarikan. Membuat pergantian satu dosis (atau bagian dari dosis) pada suatu waktu untuk menghindari kesulitan ini dan juga membantu untuk menemukan dosis setara untuk individu tersebut. Hal ini juga membantu untuk membuat substitusi pertama dalam dosis malam hari, dan substitusi mungkin tidak selalu perlu secara lengkap. Sebagai contoh, jika dosis malam itu 2mg Ativan, ini bisa dalam beberapa kasus akan berubah menjadi 1 mg Ativan ditambah diazepam 8mg. Sebuah substitusi penuh untuk menjatuhkan 1 mg Ativan akan diazepam 10mg. Namun, pasien mungkin benar-benar tidur dengan baik pada kombinasi ini dan dia akan telah membuat pengurangan dosis - langkah pertama dalam penarikan. (Contoh substitusi langkah-bijaksana diberikan dalam jadwal di akhir bab ini.)
Faktor praktis yang penting ketiga adalah formulasi dosis yang tersedia dari berbagai benzodiazepin. Dalam penarikan Anda membutuhkan obat long-acting yang dapat dikurangi dalam langkah-langkah yang sangat kecil. Diazepam (Valium) adalah satu-satunya benzodiazepin yang ideal untuk tujuan ini karena datang di 2mg tablet, yang ada garis tengah dan mudah dibelah dua menjadi 1 mg dosis. Sebaliknya, tablet yang tersedia yang terkecil lorazepam (Ativan) adalah 0.5mg (setara dengan diazepam 5 mg) [di Inggris bentuk yang tersedia termurah untuk lorazepam adalah 1 mg]; tablet terkecil alprazolam (Xanax) adalah 0,25 (juga setara dengan 5 mg diazepam). Bahkan oleh mengurangi separuh tablet ini pengurangan terkecil bisa dengan mudah membuat adalah setara dengan 2,5 mg diazepam. (Beberapa pasien menjadi sangat mahir memotong porsi kecil dari tablet mereka). Karena formulasi dosis yang terbatas, mungkin perlu untuk beralih ke diazepam bahkan jika Anda berada di benzodiazepine dengan potensi long-acting yang relatif rendah (misal flurazepam [Dalmane]). Bentuk cair dari beberapa benzodiazepin yang tersedia dapat digunakan jika diinginkan untuk slow tappering dari ini dengan mengurangi volume dosis masing-masing, menggunakan jarum suntik.
Beberapa dokter di AS mengalihkan pasien ke clonazepam (Klonopin, [Rivotril di Kanada]), percaya bahwa itu akan lebih mudah untuk menarik diri dari daripada mengatakan alprazolam (Xanax) atau lorazepam (Ativan) karena lebih lambat dihilangkan. Namun, Klonopin jauh dari ideal untuk tujuan ini. Ini adalah obat yang sangat ampuh, dihilangkan jauh lebih cepat dari diazepam (Lihat Tabel 1, Bab I), dan tersedia tablet terkecil di AS adalah 0.5mg (setara dengan 10 mg diazepam) dan 0,25 di Kanada (setara dengan 5mg Valium) . Sulit dengan obat ini untuk tappering halus, lambat dalam konsentrasi darah, dan ada beberapa bukti penarikan yang sangat sulit dari benzodiazepin potensi tinggi, termasuk Klonopin. Beberapa orang, bagaimanapun, tampaknya memiliki kesulitan khusus dalam beralih dari Klonopin ke diazepam. Dalam kasus seperti itu adalah mungkin untuk memiliki kapsul khusus yang mengandung dosis kecil, misalnya seperdelapan atau enam belas miligram atau kurang, yang dapat digunakan untuk membuat pengurangan dosis bertahap langsung dari Klonopin. kapsul ini memerlukan resep dokter dan dapat dibuat oleh apoteker rumah sakit dan beberapa ahli kimia di Inggris, dan oleh apoteker di Amerika Utara. Teknik yang sama dapat digunakan bagi mereka pada benzodiazepin lainnya yang merasa sulit untuk menggantikan diazepam. Untuk mencari seorang apoteker peracikan di Amerika Serikat atau Kanada situs web ini mungkin berguna: www.iacprx.org. Perawatan harus diambil untuk memastikan bahwa apoteker yang meracik  dapat menjamin rumus yang sama pada setiap perpanjangan resep. Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa pendekatan ini untuk penarikan benzodiazepine dapat mengganggu dan tidak direkomendasikan untuk penggunaan umum.

(1)     Merancang dan mengikuti jadwal penarikan . Beberapa contoh jadwal penarikan diberikan pada halaman kemudian . Kebanyakan dari mereka adalah jadwal yang sebenarnya yang telah digunakan dan digunakan oleh orang-orang  yang berhasil . Tapi setiap jadwal harus disesuaikan dengan kebutuhan individu ; ada dua jadwal yang tentu sama . Di bawah ini adalah ringkasan poin yang perlu dipertimbangkan ketika menyusun jadwal Anda sendiri .

1.       Merancang jadwal sekitar gejala Anda sendiri . Misalnya, jika susah tidur adalah masalah utama , mengambil sebagian dari dosis Anda pada waktu tidur ; jika kesulitan keluar dari rumah di pagi hari, mengambil dosis pertama ( tapi tidak dosis cukup besar untuk membuat Anda mengantuk atau tidak kompeten saat mengemudi ! ) .

2.       Ketika beralih ke diazepam , mengganti satu dosis pada satu waktu , biasanya dimulai dengan malam atau dosis malam hari , kemudian mengganti dosis lain, satu per satu , dengan interval beberapa hari atau minggu . Kecuali Anda mulai dari dosis yang sangat besar , tidak perlu untuk tujuan untuk pengurangan pada tahap ini ; hanya bertujuan untuk dosis kurang lebih setara . Ketika Anda melakukan ini , Anda dapat mulai mengurangi diazepam perlahan .

Namun, jika Anda berada di dosis tinggi , seperti 6mg alprazolam ( setara dengan diazepam 120mg ) , Anda mungkin perlu melakukan beberapa pengalihan pengurangan sementara, dan mungkin perlu untuk beralih hanya bagian dari dosis pada suatu waktu (lihat Jadwal 1 ) . Tujuannya adalah untuk menemukan dosis diazepam yang sebagian besar mencegah gejala penarikan tapi tidak begitu berlebihan untuk membuat Anda mengantuk .

3.       Diazepam sangat lambat dihilangkan dan hanya membutuhkan , paling banyak, dua kali dosis per hari untuk mencapai konsentrasi darah halus. Jika Anda mengambil benzodiazepin tiga atau empat kali sehari disarankan untuk turun dosis untuk dua kali sehari setelah Anda berada di diazepam . Semakin sedikit Anda meminum tablet, semakin sedikit hari Anda akan berputar di sekitaran obat .

4.       Semakin besar dosis awal  Anda, semakin besar ukuran setiap pengurangan dosis. Anda bisa bertujuan untuk mengurangi dosis hingga sepersepuluh pada setiap penurunan . Misalnya , jika Anda mengambil 40mg diazepam setara Anda bisa mengurangi pada awalnya oleh 2-4mg setiap minggu atau dua . Ketika Anda turun ke 20mg , pengurangan bisa 1-2mg mingguan atau dua minggu . Ketika Anda turun ke 10mg , pengurangan 1mg mungkin dilakukan . Dari diazepam 5mg beberapa orang lebih memilih untuk mengurangi dengan 0.5mg setiap minggu atau dua .

5.       Tidak perlu untuk menyusun jadwal penarikan Anda sampai ke akhir. Hal ini biasanya masuk akal untuk merencanakan beberapa minggu pertama dan kemudian meninjau dan jika perlu mengubah jadwal Anda sesuai dengan kemajuan Anda . Siapkan dokter Anda untuk menjadi fleksibel dan siap untuk jadwal Anda untuk disesuaikan dengan yang lebih lambat ( atau lebih cepat ) setiap saat .

6.       Sejauh mungkin , tidak pernah mundur ke belakang . Anda dapat masih berdiri pada tahap tertentu dalam jadwal Anda dan memiliki liburan dari penarikan lebih lanjut untuk beberapa minggu jika keadaan berubah ( jika misalnya ada krisis keluarga ) , tetapi cobalah untuk menghindari semakin meningkat dosis lagi . Anda tidak ingin kembali di atas tanah yang telah Anda tertutup .

7.       Hindari mengambil tablet tambahan pada saat stres . Belajar untuk mengontrol atas gejala Anda . Ini akan memberi Anda kepercayaan diri ekstra yang dapat mengatasi Anda tanpa benzodiazepin ( lihat Bab III , Gejala Penarikan ) .

8.       Hindari kompensasi untuk benzodiazepin dengan meningkatkan asupan alkohol , ganja atau non - resep obat . Kadang dokter mungkin menyarankan obat lain untuk gejala tertentu ( lihat Bab III , Gejala Penarikan ) , tetapi tidak mengambil tablet tidur seperti zolpidem ( Ambien ) , zopiclone ( Zimovane , Imovane ) atau zaleplon ( Sonata ) karena mereka memiliki tindakan yang sama seperti benzodiazepin .

9.       Lepas dari  tablet terakhir : Menghentikan beberapa miligram terakhir sering dipandang sangat sulit . Hal ini terutama karena takut bagaimana Anda akan mengatasi tanpa obat sama sekali . Bahkan, perpisahan terakhir adalah mudah . Orang biasanya senang dengan rasa baru kebebasan yang diperoleh . Dalam hal apapun 1mg atau 0.5mg diazepam per hari yang Anda mengambil pada akhir jadwal Anda adalah memiliki pengaruh yang kecil selain menjaga perasaan ketergantungan. Jangan tergoda untuk kembali dan keluar penarikan untuk tingkat yang sangat lambat menjelang akhir ( seperti 0,25 setiap bulan ) . Mengambil risiko ketika Anda mencapai 0,5 mg setiap hari ; pemulihan penuh tidak bisa dimulai sampai Anda telah turun tablet Anda sepenuhnya . Beberapa orang setelah menyelesaikan penarikan ingin membawa beberapa tablet dengan mereka untuk keamanan " berjaga-jaga" , tetapi menemukan bahwa mereka jarang bahkan tidak pernah menggunakannya .

10.   Jangan terobsesi dengan jadwal penarikan Anda . Biarkan itu hanya menjadi cara hidup normal untuk beberapa bulan ke depan . Oke , Anda menarik diri dari benzodiazepin Anda ; begitu banyak juga orang lain . Ini bukan masalah besar .

11.   Jika untuk alasan apapun Anda tidak berhasil pada upaya pertama Anda di penarikan benzodiazepine , Anda selalu dapat mencoba lagi . Mereka mengatakan bahwa sebagian besar perokok mencoba 7 atau 8 kali sebelum mereka akhirnya berhenti merokok . Kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar pengguna benzodiazepin jangka panjang yang sukses setelah upaya pertama . Mereka yang perlu dicoba kedua biasanya telah ditarik terlalu cepat pertama kalinya . Sebuah penarikan benzodiazepine lambat dan mantap , dengan kontrol Anda, hampir selalu berhasil .

(2)    Penarikan pada orang tua . orang tua dapat menarik diri dari benzodiazepin sesukses orang-orang muda , bahkan jika mereka telah meminum obat selama bertahun-tahun . Sebuah percobaan baru-baru ini dengan populasi lansia dari 273 pasien dengan pemakaian benzo jangka panjang (rata-rata 15 tahun ) menunjukkan bahwa pengurangan dosis sukarela dan penarikan total benzodiazepin menjadikan tidur yang lebih baik , peningkatan kesehatan psikologis dan fisik dan lebih sedikit kunjungan ke dokter . Temuan ini telah diulang dalam beberapa penelitian lain dari pasien usia lanjut yang meminum benzodiazepin jangka panjang .

Ada alasan khusus yang kuat mengapa orang tua harus menarik diri dari benzodiazepin karena, semakin bertambahnya usia , mereka menjadi lebih rentan terhadap jatuh dan patah tulang , kebingungan , kehilangan memori dan masalah kejiwaan ( lihat Bab 1 ) .

Metode penarikan benzodiazepine pada orang tua adalah sama dengan yang direkomendasikan di atas untuk orang muda . Sebuah cara tappering yang lambat , dalam pengalaman saya , mudah ditoleransi , bahkan oleh orang-orang di 80-an mereka yang telah mengambil benzodiazepin selama 20 tahun atau lebih . Jadwal dapat mencakup penggunaan sediaan cair jika substitusi bertahap tersedia dan bijaksana dengan diazepam ( Valium ) jika diperlukan . Ada , tentu saja , banyak variasi dalam usia di mana individu menjadi " tua " - mungkin 65-70 tahun akan sesuai dengan definisi dalam banyak kasus .

(3)    Antidepresan. Banyak orang yang memakai benzodiazepin jangka panjang juga telah diresepkan obat antidepresan karena menimbulkan depresi , baik selama penggunaan kronis atau selama penarikan . obat antidepresan juga harus dilakukan slow tappering karena mereka juga dapat menyebabkan reaksi withdrawal ( halus berlabel " reaksi penghentian antidepresan " oleh psikiater ) . Jika Anda mengambil obat antidepresan serta benzodiazepin yang terbaik untuk menyelesaikan penarikan benzodiazepine sebelum mulai tappering antidepresan . Daftar obat antidepresan dan saran singkat tentang cara tappering mereka diberikan dalam Jadwal 13 bab ini . Beberapa gejala penarikan antidepresan ( " penghentian " ) ditunjukkan pada Bab III ( Tabel 2 ) .

Ringkasan di atas berlaku untuk orang-orang yang berencana untuk mengelola penarikan sendiri - mungkin sebagian besar pembaca. Mereka yang memiliki bantuan dokter berpengetahuan dan pemahaman atau konselor mungkin ingin berbagi beban sedikit. Di klinik penarikan saya biasanya  dengan menyusun draft jadwal yang saya diskusikan dengan setiap pasien. Kebanyakan pasien memberi perhatian lebih pada jadwal dan meminta perubahan dari waktu ke waktu. Namun, ada beberapa yang lebih suka untuk tidak berpikir tentang rincian terlalu banyak tetapi hanya mengikuti jadwal kaku sampai akhir. Kelompok ini juga berhasil. Sangat sedikit (mungkin sekitar 20 pasien dari 300) ingin tahu semua tentang jadwal, tetapi hanya mengikuti instruksi; beberapa di antaranya juga memasuki uji klinis penarikan. Untuk kelompok ini (dengan persetujuan mereka atau dengan permintaan mereka sendiri), tablet dummy secara bertahap digantikan untuk benzodiazepin. Metode ini juga sukses dan pada akhir proses pasien kagum dan senang ketika mereka menemukan mereka telah lepas dari benzodiazepin dan mengambil tablet hanya dummy untuk 4 minggu terakhir. Ada lebih dari satu cara membunuh kucing, seperti yang mereka katakan!



 TAMBAHAN

JADWAL PENARIKAN LAMBAT

Berbagai jadwal penarikan dari beberapa benzodiazepin diilustrasikan pada halaman berikut . Jadwal seperti ini telah bekerja pada orang-orang nyata , tetapi Anda mungkin perlu menyesuaikan untuk kebutuhan Anda sendiri . Referensi Tabel 1 , Bab I , yang menunjukkan kekuatan setara dengan benzodiazepin yang berbeda , harus memungkinkan Anda untuk bekerja di luar program Anda sendiri dan untuk menyusun jadwal yang tepat untuk benzodiazepin seperti prazepam ( Centrax ) dan quazepam ( Doral ) dan lain-lain yang tidak bergambar.

Menurut pengalaman saya , satu-satunya pengecualian untuk aturan umum pengurangan lambat triazolam ( Halcion ) . benzodiazepine ini dihilangkan begitu cepat ( paruh 2 jam ) yang Anda tarik setiap hari , setelah dosis malam sebelumnya . Untuk alasan ini , triazolam dapat berhenti tiba-tiba tanpa substitusi dari benzodiazepin long-acting . Jika gejala penarikan terjadi , Anda bisa mengambil diazepam mulai dari sekitar 10mg , penurunan dosis seperti yang ditunjukkan pada Jadwal 2. Pendekatan yang sama berlaku untuk zolpidem non - benzodiazepin dan zaleplon yang keduanya memiliki paruh dari 2 jam .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar