Jumat, 18 Maret 2016

Recovering from Benzos by Peter hayes Davis (Terjemahan Bahasa Indonesia)

Ini adalah versi terjemahan dari Recovering from Benzos oleh Peter hayes Davis. Pemulihan dari Benzo dari sisi Caregiver. Bisa dilihat blognya disini.


RECOVERING FROM BENZO
By Peter Hayes-Davis
www.recoveringfrombenzos.blogspot.com


APAKAH ITU BENZO?

Penggunaan

Benzodiazepin adalah resep obat penenang  yang digunakan untuk mengobati kasus akut seperti kecemasan , amnesia dan panik . Kondisi pokok yang mereka digunakan ditunjukkan pada tabel di bawah ini , seperti penggunaan kelas benzodiazepine dan contoh obat yang bisa dipilih untuk mengatasi kondisi tersebut .

Bahkan semua benzodiazepin bekerja dalam banyak cara yang sama, tetapi mereka berbeda dalam potensi dan lamanya waktu mereka tetap aktif di dalam tubuh . 1mg Lorazepam , misalnya, adalah setara dalam potensi untuk 10mg Diazepam . Ini berarti bahwa dosis harus dikelola dengan hati-hati untuk menghindari kelebihan dosis yang disengaja atau kekurangan dosis . Benzodiazepin yang berbeda secara efektif dalam tubuh secara radikal berbeda masa aktifnya . Setiap benzodiazepine dikatakan memiliki half-life , yang berarti bahwa efektivitasnya berkurang  setengah dalam waktu yang ditetapkan. Untuk Lorazepam misalnya half-lifenya  adalah antara 10 dan 20 jam , yang berarti bahwa pada akhir periode 24 jam efektivitas obat jauh berkurang . Diazepam di sisi lain memiliki half-life antara 20 dan 100 jam , sehingga tetap efektif jauh lebih lama . Kedua potensi dan lamanya waktu aktif sangat penting dalam withdrawal dari penggunaannya seperti yang akan dijelaskan secara rinci nanti.

Benzodiazepin sangat efektif bila digunakan dalam jangka pendek, biasanya selama 2-4 minggu. Namun, mereka sering diresepkan untuk penggunaan jangka panjang, bahkan bertahun-tahun, yang tidak cocok, dan sebagian besar masalah yang terkait dengan mereka timbul dari penggunaan jangka panjang. Ketika mereka diresepkan secara teratur selama jangka panjang, mereka menginduksi ketergantungan, biasanya setelah beberapa minggu, bahkan pada dosis terapi. Akibatnya, orang menjadi ketergantung dan munculnya efek samping yang tidak menyenangkan, atau kecanduan, dalam hal ini mereka membutuhkan lebih banyak dan lebih banyak obat untuk mencapai efek yang sama.

 Semua ini cukup buruk, tapi obat juga menghasilkan efek paradoks dimana gejala yang obat ini diresepkan menjadi efek samping dari obat itu sendiri, terutama kecemasan dan depresi, kadang-kadang disertai dengan perilaku yang lemah daripada seperti biasanya. Benzodiazepin adalah obat penenang, sehingga memperlambat reaksi, membuat banyak pekerjaan sehari-hari lebih berisiko, mengemudi misalnya. Ada hubungan jelas antara penggunaan benzodiazepine dan kecelakaan di jalan dan di rumah, dan orang tua sangat rentan terhadap itu. Proses mental juga terganggu, tugas sehari-hari begitu sederhana menjadi lebih problematis dan belajar hal-hal baru yang lebih sulit. Orang-orang menemukan benzo dan bergantung pada obat bahkan untuk tugas-tugas sederhana seperti belanja. Akhirnya emosi dapat menjadi tumpul, sehingga rasa sakit dan kesenangan yang akut tidak dirasakan sebagai mereka akan normal.


Sejarah

Benzodiazepin pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960 dan segera menggantikan barbiturat , yang sebelumnya telah digunakan untuk pengobatan yang sama . Barbiturat termasuk di antara efek sampingnya kecenderungan ketergantungan , yang benzodiazepin awalnya dianggap tidak menyebabkan ketergantungan . Mereka ditemukan dengan antusias oleh profesi medis , dan dua yang pertama benzodiazepin Librium ( chlordiazepoxide ) dan Valium ( Diazepam ) yang secara komersial sangat sukses . Valium dipasarkan secara luas sebagai " Mom Little Helper " dan pada tahun 1980 sekitar 29 juta resep benzodiazepine diterbitkan . Selama tahun 1980 menjadi jelas bahwa kebanyakan orang menjadi tergantung pada benzodiazepin dan yang menarik diri dari benzo bisa menjadi proses yang bertele-tele dan menyakitkan . Meskipun tampaknya beberapa orang telah ditarik tanpa ada efek samping , tidak mengherankan orang yang saya saya temui sebagian besar adalah mereka yang mengalami kesulitan dalam withdrawal.

Pengaruh Sosial

Satu hanya bisa menebak pengaruh sebenarnya untuk masyarakat dalam penggunaan benzodiazepine . Seperti menjadi penyebab kecelakaan , hilangnya pendapatan , kerusakan hubungan pribadi , biaya merawat penderita dan banyak lainnya . Saya belum menemukan bahkan perkiraan pengaruh yang lebih dari itu.


BAGAIMANA BENZO BEKERJA?

Hal ini tidak penting untuk mengetahui bagaimana obat bekerja, tapi siapapun yang terlibat dalam withdrawal kemungkinan akan sering mendengar tentang GABA, sehingga mungkin saja juga tahu apa itu GABA kira-kira.

Saraf-saraf di sistem saraf pusat Anda (otak dan sumsum tulang belakang) adalah sel individual tidak langsung terhubung satu sama lain. Bahan kimia yang disebut neurotransmitter menjembatani kesenjangan atau sinaps antara masing-masing saraf, yang dihasilkan oleh satu saraf dan menyebabkan saraf penerima untuk merespon. Neurotransmitter seperti noradrenalin dan serotonin menyebabkan saraf untuk menembak, sehingga mereka disebut pemancar rangsang. Di sisi lain, neurotransmitter gamma-aminobutyric acid (GABA untuk pendek) menenangkan ke bawah dan bisa menghentikannya menembak seketika, sehingga menetralkan efek rangsang. Setiap saraf memiliki reseptor yang mengikat  neurotransmitter. GABA yang mengikat ke reseptor sendiri, sehingga berolahraga mempunyai efek penenang. Benzodiazepine juga mengikat ke reseptor yang sama, dan menambah efek menenangkan.

GABA reseptor akhirnya menyesuaikan dengan kehadiran benzodiazepine, dan kombinasi sangat penting untuk operasi yang tepat dari sel saraf. Konsentrasi GABA tidak terpengaruh oleh benzodiazepin; mereka mengubah afinitas GABA untuk reseptor.

Pada titik ini reseptor GABA dikatakan down-regulated. Withdrawal menyebabkan reseptor down-regulated, dan seluruh proses penarikan dan pemulihan dari obat ini pada dasarnya adalah memulihkan fungsi GABA reseptor sehingga menjadi up-regulated lagi. Ini membutuhkan waktu.
 Untungnya hanya  ada sedikit bukti bahwa obat ini menyebabkan kerusakan permanen, sehingga orang bisa berharap untuk memulihkan aktivitas normal mereka.


MENJADI KETERGANTUNGAN

Saya menduga bahwa banyak orang, termasuk istri saya, menjadi tergantung tanpa disadari. Tak satu pun dari lima atau lebih orang yang terlibat dalam perawatan istri saya yang mengatakan tentang  kemungkinan masalah dengan penggunaan jangka panjang. GP kami memberikan resep berulang tanpa pertanyaan atau ulasan. Ini bukan Kebetulan  bahwa kelompok parlemen pada Involuntary Tranquilliser Addiction menggunakan istilah sukarela dan Departemen Kesehatan lebih suka menggunakan kata penyalahgunaan dan menyatakan bahwa kecanduan benzodiazepine dapat diobati dengan cara yang mirip dengan ketagihan heroin atau alkohol, meskipun terang-terangan jelas bahwa ini tidak benar. Beberapa orang yang memakai obat-obatan terlarang juga mengambil benzodiazepin. kecanduan orang-orang ini jelas tidak disengaja. Obat-obatan ini juga digunakan untuk membantu orang sembuh dari penggunaan obat-obatan ilegal.

Ketika diminum secara teratur orang menjadi toleran terhadap obat dan kemudian tergantung pada mereka. Sebaliknya diambil sebentar-sebentar untuk tujuan tertentu tidak selalu menimbulkan ketergantungan. Bahkan ketika istri saya diresepkan Lorazepam selama beberapa bulan beberapa tahun yang lalu, dia mampu meminumnya semalam tanpa merasakan efek apa-apa.

Toleransi

Toleransi terjadi ketika sistem saraf pusat menyesuaikan sendiri sehingga efek gabungan dari benzodiazepine dan GABA berkurang untuk tingkat pra-perlakuan. Hasilnya adalah bahwa segera setelah benzodiazepine ditarik, GABA reseptor dengan sendirinya kurang efektif dan neurotransmitter rangsang menjadi lebih aktif, maka gejala itu menyertai penarikan. Timbulnya toleransi adalah tanada awal dari ketergantungan, dan tanda bahwa withdrawal harus dilakukan. Toleransi dapat terjadi dalam beberapa minggu atau beberapa bulan. Seperti begitu banyak dalam penarikan benzodiazepine itu tergantung pada kimia individu.

Ketika toleransi tercapai, obat memiliki efek kurang pada kondisi asli, yang kemudian dapat menyebabkan kebutuhan untuk peningkatan dosis untuk menghasilkan efek yang sama. Kebanyakan dokter berpikir bahwa ini adalah karena penyebab penyakitnya semakin parah daripada melihat pada pengaturan toleransi. Dia kemudian akan cenderung meresepkan dosis yang lebih besar yang tampaknya akan meringankan masalah tapi hanya akan bertahan hingga toleransi diatur lagi.

Toleransi bervariasi tergantung pada alasan untuk resep aslinya. Tidur, misalnya, dapat kembali ke stase  pra-perawatan selama toleransi, meskipun kecemasan mungkin tidak akan, dan benar-benar dapat menjadi lebih buruk seiring dengan waktu. Jadi mungkin obat tampak berkhasiat untuk penggunaan awal tetapi tidak begitu banyak untuk yang kedua. Ini mungkin menjelaskan mengapa meskipun istri saya mengambil dosis yang ditentukan, ia mengalami beberapa gejala kecemasan yang sama seperti dia kemudian ketika benar-benar tapering off obat.

Ketika withdrawal, masing-masing dipotong (lihat Tapering-off) cenderung menghasilkan gejala withdrawal, dan Sistem Saraf Pusat (SSP) akan berusaha untuk menyesuaikan lagi. Di beberapa titik, dalam kasus istri saya 3-4 minggu setelah tapering-off, gejala cenderung stabil dan orang-orang kemudian membuat potongan mereka berikutnya. Jika kesenjangan antara potongan sangat panjang, ada risiko bahwa gejala akan muncul kembali meskipun tidak ada pemotongan lebih lanjut dibuat. Hal ini biasanya dikenal sebagai toleransi withdrawal dan sangat sedikit orang yang bisa melakukan hal itu. Ini berarti bahwa perlu ada suatu keseimbangan antara fast-tapering, yang memberi gejala yang tidak menyenangkan dan slow-tapering  yang memberi risiko toleransi withdrawal.

Ketergantungan

Pada saat istri saya telah mengambil Lorazepam selama hampir dua tahun, istri saya sudah jelas ketergantungan. GP kami pada saat itu menyarankan dia telah meminum obat terlalu lama dan harus keluar dari itu. Dia menyarankan mengganti 1-1.5mg dari Lorazepam yang dia minum setiap hari dengan 2mg dari Diazepam untuk memungkinkan dia untuk akhirnya melakukan withdrawal. Seperti yang kita ketahui konversi adalah prinsip utamanya, karena tapering-off  Lorazepam sangat sulit untuk alasan yang akan saya bahas nanti, tapi ia diresepkan sepenuhnya setara dosis yang salah, dan tidak ada tapering bertahap. Hasilnya bencana, dan itu beberapa bulan sebelum kami menemukan cara untuk tapering, dan membuat jadwal dengan bantuan dari supporting group dengan keahlian. Tak satu pun dari bantuan yang kami terima dari profesi medis. Mereka hanya tidak terlihat cukup tahu. Versi terbaru - November 2013 - Nasional formularium British (BNF), dokter "bible", termasuk menyarankan tapering-off untuk pertama kalinya.

Aspek yang paling penting dari ketergantungan adalah bahwa hal itu terjadi saat penderita mengambil dosis terapi, salah satu nominal yang aman. Dalam kasus istri saya dia menyarankan bahwa dia bisa memakan hingga 4 mg dari Lorazepam hari tanpa efek sakit potensial, tetapi tidak pernah mengambil lebih dari 2mg sehari. Namun ia menjadi ketergantungan. Beberapa gejala penarikan yang kita menjadi akrab kemudian sudah menjadi jelas sebelum ia mulai menarik diri. Mengemudi menjadi sulit karena ia kehilangan konsentrasi dan koordinasi diperlukan. Panic mulai muncul, sehingga pada satu kesempatan kita hanya bisa pergi ke sebuah pub lokal untuk makan siang setelah dia mengambil 0.5mg dari lorazepam. Kami harus membatalkan liburan. Membutuhkan dosis ekstra untuk mengatasi peristiwa tertentu sering terjadi. Kami mendengar dari satu orang yang membutuhkan 0.5mg dari Lorazepam untuk memungkinkan dia untuk pergi ke supermarket lokal.

Meskipun ketergantungan istri saya tidak kecanduan. Kecanduan bukan hanya efek neurologis, seperti ketergantungan, namun memiliki komponen psikososial juga. Dosis hariannya perlahan-lahan meningkat meskipun sangat lambat, bahkan dalam batas-batas terapeutik. Karena itu jelas bahwa kualitas hidupnya memburuk, ia memutuskan untuk menarik diri dari obat, yang terbukti menjadi pengalaman yang sulit.

Banyak orang terus mengambil obat karena mereka telah mencoba untuk menyerah dan menemukan itu terlalu menyakitkan, dan mereka menemukan bahwa hidup mereka lebih mudah saat mengambil obat. Akibatnya obat ini melayani untuk menghindari gejala penarikan yang sulit untuk mengatasi. Lainnya telah menyerah dan kemudian harus kembali menata ulang kembali. Orang-orang di benzodiazepin short-acting juga bisa mendapatkan gejala penarikan antara dosis.

Perbandingan Ketergantungan Benzodiazepines dengan Yang Lain

Ketergantungan benzodiazepines adalah lebih buruk daripada ketergantungan heroin dan kokain karena tiga asalan ini:
1.       Pertama, itu adalah sukarela. Orang mengambil obat itu tanpa sengaja, tapi dokter meresepkan benzodiazepin selama lebih dari aman, tanpa peringatan konsekuensi penderitaan. Setelah beberapa bulan obat akan menjadi tidak efektif dan penderita harus terus mengambil, tidak untuk nilai terapeutik, tetapi karena berhenti dapat menghasilkan gejala penarikan intens menyenangkan. Ini akan mencegah banyak orang dari menyerah, terutama karena mereka cenderung untuk menyalahartikan gejala penarikan untuk kekambuhan penyakit yang diderita.
2.       Kedua hal itu memakan waktu lebih lama untuk pulih sepenuhnya dari kecanduan benzodiazepine dari kecanduan narkoba lain. Tidak seperti yang terakhir, yang hanya memakan waktu beberapa minggu, pemulihan benzodiazepine dapat mengambil berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Menyerah pada obat ini cukup sulit tetapi bukan akhir dari itu, karena sistem saraf kemudian harus memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh benzodiazepine, yang membutuhkan waktu.
3.       Ketiga, hampir tidak ada dukungan resmi untuk withdrawal. Kampanye selama beberapa dekade telah gagal untuk membujuk otoritas medis untuk memberikan semacam fasilitas pendukung yang tersedia  seperti untuk pecandu narkoba. Departemen Kesehatan baru-baru ini menjanjikan dukungan daerah melalui kelompok commissioning dan tim obat lokal. Namun khawatir atau tidak, tim ini tidak mungkin untuk memiliki pengetahuan khusus yang dibutuhkan untuk penarikan benzodiazepine. Pecandu tak sadar tidak menyalahgunakan benzodiazepin, dan mereka membutuhkan pendekatan psikologis yang berbeda. Dukungan untuk pecandu sukarela telah dijanjikan selama hampir seperempat abad dan sejauh ini telah gagal terwujud. Ada tampaknya tidak ada alasan untuk optimis.
Tidak ada yang tahu jumlah yang tepat dari pecandu benzodiazepine di Inggris, dan sumber daya yang diperlukan untuk mengetahui secara akurat tidak tersedia. Perkiraan bervariasi antara 1 dan 1,5 juta orang. Jumlah orang dalam penarikan dan pemulihan tidak diketahui. Sebaliknya Monitoring System National Drug Treatment, yang memonitor penggunaan narkoba, tercatat hanya di bawah 200.000 klien dalam perawatan pada tahun 2012. Mereka didukung oleh jaringan nasional pusat obat dan perawatan alkohol. Tidak ada fasilitas seperti itu untuk pecandu benzodiazepine.

 Tapi ada kabar baik. Sebagian besar kerusakan yang terjadi pada sistem saraf bersifat sementara, dan orang akan sembuh. Mereka ini sangat sulit untuk percaya dan yakin bahwa pikiran mereka akan pergi. Tapi ini adalah efek sementara dari obat mendistorsi pikiran rasional mereka yang masih ada dan akan pulih. Mereka membutuhkan keberanian, kepercayaan dan dukungan untuk melakukannya, dan itu butuh waktu, tapi orang-orang yang telah sembuh mengatakan bahwa itu adalah hal terbaik yang pernah mereka lakukan, dan sepenuhnya layak untuk diperjuangkan.

MENYERAH PADA BENZO

Pada tahap ini , sistem saraf istri saya adalah tergantung pada kombinasi dari benzodiazepine dan GABA . Menghapus obat berarti bahwa mekanisme menenangkan alami tubuh tidak lagi bekerja dengan benar . Hasilnya adalah bahwa setiap pemicu , eksternal atau internal bisa menghasilkan reaksi yang tidak proporsional secara ekstrim baik fisik dan psikologis . Mengembalikan keseimbangan alami tubuh membutuhkan waktu , sering banyak itu , dan bisa menyakitkan dan menyedihkan . Menyerah terdiri dari tiga tahap :
1.       Persiapan – Untuk menyerah
2.       Withdrawal – Menarik obat
3.       Pemulihan – Mengurai kerusakan sistem saraf yang disebabkan oleh obat

Persiapan

Seseorang  yang menyerah pada benzo harus ingin melakukannya, tidak sedang dipaksa, dan harus dibuat sadar kesulitan potensial sebelum mereka mulai. Dengan kata lain mereka harus berada dalam kerangka berpikir yang benar. Pemaksaan lebih mungkin menyebabkan kegagalan, terutama jika gejala penarikan yang parah. GP penderita dapat memberitahu mereka bahwa akan lebih baik untuk terus mengonsumsi obat jika efek samping dari kecanduan ditoleransi, sehingga menghindari proses penarikan. Hal ini mungkin terdengar seperti nasihat yang baik terutama untuk orang tua yang secara alami memiliki harapan hidup yang lebih pendek. Tetapi orang-orang harus menyadari bahaya dengan baik jika mengambil obat, terutama kecelakaan dari berbagai macam. Ini tentu saja akan lebih baik jika obat telah diresepkan benar di tempat pertama. Orang juga harus menyadari bahwa beberapa dokter menyangkal bahwa benzodiazepin benar-benar dapat menghasilkan efek ini.

Caregiver juga harus sama-sama berkomitmen karena ada kemungkinan ada saatnya ketika penderitanya yakin mereka tidak akan pernah berhasil, dan itu adalah ketika penjaga harus menawarkan jaminan yang diperlukan. Motif Istri saya adalah bahwa dia ingin dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dinikmatinya seperti mengemudi dan sebagainya, yang terhambat oleh obat. Tak satu pun dari kita menyadari berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih, tapi kami bertekad untuk melaluinya.

GP penderita perlu dikonsultasikan, terutama karena ia akan menjadi pemberi  resep obat dalam dosis yang diperlukan. Jika penarikan adalah idenya, dan dia memahami dengan baik proses penarikan dengan baik, tapi bagaimanapun, proses adalah tanggung jawab penderita dan caregiver mereka, tidak GP, yang akan mengelolanya. Hal ini mungkin politik untuk menjaga dari GP informasi tentang kemajuan, jika tidak ada alasan lain selain untuk memperluas pengetahuannya.

Tapering-off adalah proses yang panjang, biasanya lebih dari satu tahun, jadi mempersiapkan jadwal tapering membantu orang untuk mengingat di mana mereka berada dan di mana tujuan akhir mereka. Ini juga menyenangkan untuk mengetahui berapa banyak kemajuan telah dibuat. Jadwal tidak boleh diikuti seperti perbudakan. Rencana tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan individu. Ini hampir pasti akan membutuhkan penyesuaian dengan pengalaman yang penderita dan caregiver akan melakukan yang diperlukan.

Saya asumsikan bahwa  penderita akan membutuhkan pengasuh atau pengasuh-pengasuh sepanjang waktu. Beberapa orang berhasil menarik dan sembuh sendiri dengan sedikit atau tanpa bantuan. Tetapi orang lain mungkin membutuhkan beberapa tingkat dukungan, yang dapat mencakup pasangan, keluarga dan teman dekat pada tingkat pribadi, dan kelompok pendukung, konselor profesional dan penasihat yang berpengalaman pada tingkat formal. Kami telah mengalami semua ini dan menemukan mereka yang berharga, tetapi jumlah dukungan akan jelas tergantung pada sikap dan kepribadian penderita. Yang penting adalah bahwa siapa pun di setiap peran dukungan mengerti apa arti withdrawal dan bersiaplah untuk perubahan-perubahan yang menyertainya.

Saya belajar tiga hal dari pengalaman ini:
1.       bersabar - waktu adalah satu-satunya penyembuh
2.       mendapatkan informasi sebanyak yang Anda bisa ; seperti pepatah lama mengatakan " jika Anda berpikir informasi berbahaya , Anda harus mencoba kebodohan "
3.       Waspadalah pada doommongers (penghancur) ; kebanyakan orang pulih dengan perjalanan yang sulit

Withdrawing (Melakukan Penarikan)

Pelajaran pertama dalam penarikan adalah tidak berhenti minum obat sekaligus atau dalam yang sangat beberapa minggu ( "cold-turkey"). Risiko yang cukup besar dan dapat mencakup serangan mendadak, kejang atau lebih buruk, dan memperpanjang waktu yang dibutuhkan untuk menarik diri dari obat. Orang bisa berakhir di rumah sakit dan mungkin melakukan sendiri kerusakan permanen atau tahan lama, dan mereka tidak mungkin untuk menghemat waktu dalam jangka panjang. Banyak dokter tampaknya tidak menyadari risiko atau menolak mereka ada.

Metode yang paling aman adalah untuk tapering-off obat. Ini membutuhkan waktu, sering satu tahun atau lebih. Jadwal tapering (lihat bagian berikutnya) akan terdiri dari pemotongan bertahap dibuat dalam dosis sampai tidak ada lagi obat yang diambil. Pemotongan tidak lebih dari 10% dari dosis saat ini direkomendasikan yang berarti bahwa jumlah obat yang dipotong menjadi kurang dan kurang sebagaimana layaknya terjadi. Masalah dengan tingkat slow tapering-off ini adalah waktu. Ini akan, misalnya, memakan waktu 2 tahun untuk memotong dari 10mg Valium ke 1mg. Kami memutuskan bahwa fast-tapering akan sesuai dengan kita sebagian karena usia kami (70-an) dan tapering  dari 10mg ke 0mg dalam 15 bulan. Bahkan ini lebih lambat dari tingkat yang disarankan di Ashton Manual (lihat Catatan dan Referensi).

Namun hati-hati penarikan, orang dapat mengalami gejala aneh dan bervariasi, karena, setelah semua, ini mempengaruhi sebagian besar dari sistem saraf. Gejala fisik dan psikologis, dan mereka terdaftar dan dibahas di Bagian 2. Tidak ada kemungkinan untuk mendapatkan semua gejala (yang hanya juga), tapi tampaknya ada tidak ada pola untuk mereka. Sama seperti keadaan individu, temperamen, riwayat kesehatan dan sebagainya bervariasi, begitu juga dengan pola gejala. Ini bisa jadi gambaran menyedihkan, dan sampai batas tertentu itu, dan kita tahu banyak orang yang memiliki pengalaman-pengalaman ini, yang kadang-kadang muncul untuk mendapatkan lebih buruk sebagai taperiing-off. Pesan pertama yang jelas untuk  caregiver. Ketergantungan benzodiazepine atau kecanduan dapat menghambat dan merusak, dan mendukung seseorang melalui penarikan dan pemulihan adalah pekerjaan yang sulit. Pesan kedua adalah sama jelas. Penderita akan sembuh.

Recovery (Pemulihan)

Seperti banyak aspek benzodiazepin, tidak ada data yang jelas tentang perbedaan antara withdrawal dan recovery. Mungkin slow tapering memungkinkan beberapa pekerjaan perbaikan berlangsung. Tentu menghentikan obat segera (cold turkey) dapat memperpanjang periode pemulihan. Yang jelas adalah bahwa setelah menghentikan perbaikan obat akan terjadi.

 Tahap ini sering disebut sebagai "sindrom pasca-penarikan", dan dua hal terjadi. Pertama sisa-sisa obat yang telah disimpan dalam tubuh akan dibuang, kemudian sistem GABA mulai menjadi up-regulated. Dapat memakan waktu beberapa bulan, dan yang terakhir jauh lebih lama. Waktu sangat sulit untuk memperkirakan. Hal ini membuat pemulihan dalam beberapa hal lebih sulit daripada penarikan, karena kurangnya jadwal. Penarikan dipandu oleh rencana tapering terasa sampai batas tertentu di bawah kontrol. Ini tidak berlaku untuk pemulihan. Orang-orang bilang memakan waktu dari 6 bulan sampai 2 tahun, namun melampirkan skala waktu untuk itu secara rinci tampaknya tidak mungkin. Salah satu ukuran adalah bahwa ketika orang-orang disembuhkan mereka cenderung berhenti berkontribusi untuk setiap kelompok internet yang mereka dulu ikuti. Bliss Johns (lihat Bagian 3) mengatakan bahwa dalam pengalamannya yang luas ini terjadi dalam waktu sekitar 3 tahun, dan jika hal itu tidak terjadi beberapa kondisi yang sudah ada mungkin untuk disalahkan.

Kami berasumsi naif bahwa sekali istri saya bebas dari obat, pemulihan dirinya akan cepat. Untuk beberapa orang mungkin benar, tetapi dalam kasus istri saya, gejala pasca-penarikan berlangsung selama lebih dari satu tahun ke pemulihan. Banyak orang berbicara tentang gelombang, bila gejala yang paling buruk dan jendela mereka, ketika perbaikan menjadi terlihat. Gejala tentu berfluktuasi dalam intensitas, dan selama pemulihan yang baru mungkin muncul dan lain-lain pergi baik sementara atau untuk selamanya. Pelajaran utama untuk kedua penderita dan caregiver  adalah "jangan terburu-buru". Perbaikan membutuhkan waktu dan akhirnya waktu adalah satu-satunya obat.
Pada akhirnya gejala akan pergi, kadang-kadang tiba-tiba, dan kadang-kadang lambat dan tidak teratur, mungkin tak terasa. Mereka mungkin muncul kembali dari waktu ke waktu dalam bentuk ringan, tapi akhirnya mereka pergi. Mengelola ini bagian dari proses ini sulit, tapi caregiver  harus mengingatkan penderita bahwa ini adalah bagian terakhir, dan bebas dari obat dan setelah efek adalah alasan untuk pergi melalui semua ini di prioritas utama. Setidaknya dua orang yang saya tahu telah mengatakan bahwa setelah itu seluruh mereka hampir tidak ingat apa rasanya.

Menaikkan Dosis dan Pengambilan Kembali

Saran umum di sini adalah tidak melakukan keduanya. Namun kimia dan keadaan masyarakat sangat bervariasi , dan mungkin ada alasan pribadi di mana penarikan tak tertahankan dan satu-satunya solusi adalah mengambil kembali . Saya menduga bahwa banyak , terutama yang lebih tua , orang telah mencoba penarikan dan harus menyerah karena tekanan yang terlalu besar atau dukungan tidak tersedia .

 Jika tergoda untuk meningkatkan dosis , akan bermanfaat berusaha untuk tetap pada dosis yang sama selama lebih daripada menaikkan dosis . Dalam setiap peristiwa itu sangat tidak bijaksana untuk mengubah dosis cepat .


TAPERING

Cara yang disarankan untuk menyerah benzodiazepin adalah untuk tapering dari dosis aktual agar terbiasa dalam kurun waktu cukup lama . Sebagaimana diuraikan sebelumnya , salah satu cara untuk mengelola ini adalah untuk memiliki jadwal tapering yang merupakan panduan untuk withdrawal , tapi dapat dimodifikasi setiap saat , untuk mengakomodasi perubahan keadaan pribadi. Withdrawal adalah masalah pribadi dan tergantung pada orang itu sendiri dan keadaan stase  mereka . Fleksibilitas adalah penting , dan dengan withdrawal  hal yang tak terduga adalah normal .

Kami menggunakan jadwal 15 bulan untuk withdrawal istri saya dari setara dengan 10 mg Diazepam untuk 0mg , membuat satu potong sebulan , secara bertahap mengurangi hingga menjelang akhir. Ketika ia mulai dia mengambil Lorazepam , benzodiazepin short acting , dan segera menjadi jelas bahwa untuk alasan praktis dan biokimia ia harus beralih ke long-acting , dalam hal ini Diazepam . Ini adalah rute yang umumnya direkomendasikan .

Alasan praktis adalah bahwa pil Lorazepam sangat kecil , dan tidak dibuat dalam dosis kecil , sehingga memotong satu setengah memberikan dosis 0.5mg yang merupakan dosis besar . Kami mencoba untuk memotong pil menjadi 8 ( 0.125mg ) yang terbukti menjadi hampir mustahil . Kami membujuk GP kami untuk menyediakan kami obat dalam bentuk cair , tetapi harus dibuat khusus , sangat mahal dan kehilangan potensinya cepat . Beberapa orang menyusun solusi cair mereka sendiri dengan peracikan obat bubuk dengan air atau cairan lainnya , kadang-kadang susu , tapi kemudian selalu ada risiko dosis yang bervariasi dalam kekuatan .

Alasan biokimia adalah bahwa karena Lorazepam adalah benzodiazepin short-acting , itu berarti bahwa obat itu efektif untuk kurang dari 24 jam ( rata-rata paruh 15 jam ) . Yang long-acting seperti Diazepam bertahan hingga satu minggu ( rata-rata paruh 60 jam ) . Sejak Lorazepam berlangsung selama kurang dari satu hari , yang mencakup periode seluruh 24 jam membutuhkan setidaknya 2 dosis, yang pada akhirnya akan menjadi makin kecil.

Untuk alasan kedua pendekatan yang direkomendasikan untuk siapa pun di obat short-acting  adalah untuk mengubah ke obat long-acting, seperti Diazepam. Karena setara dengan Lorazepam 1mg adalah 10mgs dari Diazepam, satu dosis sehari yang terakhir adalah praktis dan proses pemotongan lebih linear. Pil ini tersedia dalam berbagai ukuran - yang 2mg 5mg dan 10mg ukuran terbukti paling berguna - dan tersedia dalam bentuk cair sebagai standar. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan pemotongan yang sangat kecil yang diperlukan pada akhir penarikan akurat. Istri saya membuat perubahan dari Lorazepam ke Diazepam lebih dari satu bulan. Dia berubah seperempat dari dosis setiap minggu tapi tidak membuat luka. Peralihan cukup menegangkan tanpa memotong juga.

Ada alasan lain untuk changeover. Seiring dengan pengurangan, sistem saraf sedang dirampas dan mengeluh, biasanya cukup pahit. Keluhan berupa berbagai macam yang berbeda dari gejala penarikan, yang sebagian besar adalah sangat tidak menyenangkan. Obat short-acting diminum sekali sehari meninggalkan orang secara substansial tanpa efeknya untuk jam tersisa. Hasilnya adalah bahwa gejala penarikan dapat terjadi antara dosis, yang bahkan lebih tidak menyenangkan.

Kunci sukses tapering adalah dengan slow tapering. Caregiver harus menghindari tekanan pada penderita untuk mempercepat proses. Dalam hal, misalnya, krisis keluarga, penderita mungkin merasa perlu untuk menunda pemotongan berikutnya, sampai krisis berakhir. Itu masuk akal. Namun, sementara meningkatkan dosisnya bukan ide yang baik, karena mengganggu pola tapering perlahan-lahan mengurangi tingkat benzodiazepine dalam tubuh. Jika tapering dalam hubungannya dengan GP, ​​pastikan mereka tidak mendikte kecepatan atau pola tapering. Itu adalah hak prerogatif penderita dan caregiver ini.

Harus ada minimal 3 minggu antara pemotongan, dan godaan untuk memotong lebih sering harus dihindari. Terlalu besar kesenjangan antara pemotongan juga harus dihindari, karena risiko di pengaturan  toleransi. Kami menemukan bahwa kesenjangan sekitar 4 minggu istri saya cocok karena di minggu pertama setelah dipotong gejala berada di yang paling intens. Selama 2 minggu berikutnya mereka tenang sedikit, dan secara umum pada akhir minggu keempat dia merasa mampu mentolerir pemotongan lain. Mengambil dosis di malam hari tampaknya untuk membantu orang untuk tidur.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya , beberapa kali gejala penarikan menjadi tak tertahankan , mengingat keadaan tertentu seseorang , sehingga mereka mengembalikan obat ke tingkat yang memungkinkan mereka untuk berfungsi sebagai memuaskan mungkin . Meskipun tidak dianjurkan secara umum , tidak ada yang menghentikan orang tapering di kemudian hari , dan akhirnya menikmati pemulihan penuh .

Akhirnya Anda semakin dekat ke akhir withdrawal  dan gejala menjadi lebih jelas didapatkan, mungkin karena Sistem Saraf Pusat sedang dirampas semakin banyak .

PENGOBATAN DAN SUPLEMEN

Pengobatan

Withdrawal dan recovery dari penyakit ini menimbulkan berbagai gejala mengherankan, beberapa di antaranya mungkin telah terjadi pada saat mengambil obat. Banyak dari gejala-gejala ini menyakitkan serta melemahkan, sehingga tidak mengherankan, orang bertanya tentang obat untuk membantu mengatasi mereka.

Tidak ada obat berlisensi saat ini tersedia di Inggris untuk melawan gejala withdrawal. Salah satu obat tertentu, Flumazenil, menunjukkan hasil pada 1990-an, dan dalam monografi terbaru dari Profesor Malcolm Lader, ia menegaskan bahwa pengembangan lebih lanjut dari obat ini diperlukan. Sangat sedikit studi telah dilakukan tapi dua dilakukan di Italia dan Australia, pada infus lambat penderita menarik diri dari benzodiazepin, telah menunjukkan efektivitas obat dalam mengurangi keparahan gejala penarikan. Para penulis dari studi Italia berkomentar "seseorang hanya bisa bertanya-tanya mengapa metode inovatif yang cepat dan efektif telah begitu sedikit digunakan atau dipelajari dalam jangka panjang seperti itu, meskipun prevalensi tinggi dan pentingnya ketergantungan benzodiazepine ". Mereka memulai unit detoksifikasi pada tahun 2003, dan telah menawarkan pengobatan berdasarkan Flumazenil sejak, terhitung lebih dari 50% dari permintaan masuk. Mengutip mereka lagi "perusahaan farmasi tidak tertarik dalam menyoroti fenomena ini: semua molekul tua masih jadi penjualan terbaik. Bahkan pada konferensi tentang kecanduan atau psikiatri sedikit yang dikatakan tentang benzodiazepin, dan bahkan kurang tentang Flumazenil ".

Banyak orang , termasuk istri saya , diberikan anti -depresi , yang paling sering salah satu kelompok SSRI ( citalopram , Sertraline dll ) . Ini dapat membantu untuk meringankan depresi terkait dengan penarikan dan pemulihan . Akhirnya orang mungkin ingin berhenti mengambil mereka , yang akan melibatkan tapering individu lain dengan gejala penarikan yang tidak menyenangkan terkait , yang berlangsung untuk jangka waktu yang lama.

Beberapa obat-obatan adalah positif berbahaya , antibiotik terutama kuinolon , dan beberapa hanya tidak efektif , seperti gabapentin . Ini secara struktural mirip dengan GABA tetapi mekanisme kerjanya tidak jelas . Selain itu , penderita bisa menjadi tergantung dan kemudian harus tapering.


Suplemen

Tidak mengherankan orang mencoba segala macam suplemen makanan , obat herbal , dan hal-hal serupa yang mungkin bisa membantu, untuk meringankan rasa sakit penarikan . Istri saya mengambil parasetamol , yang berguna untuk sakit dan nyeri yang kadang-kadang menyertai gejala utama . Magnesium dikatakan untuk membantu seperti Epsom Garam di mandi , tapi apa pun perawatan seperti itu secara medis , mereka pasti membantu mengatasi rasa frustrasi karena tidak mampu melakukan apa pun untuk membantu diri Anda sendiri . Mereka mengalihkan perhatian dan sangat penting , seperti yang akan kita lihat nanti . Tetapi memperingatkan . Suplemen yang Anda cari bermanfaat mungkin memiliki efek berlawanan pada orang lain dan sebaliknya .

Satu hal yang jelas . Suplemen tidak dapat mempengaruhi up –regulation reseptor GABA , dan suplemen yang merangsang sistem saraf dapat lebih berbahaya . Sistem ini sudah cukup dirangsang.


DIET

Diet sehat akan membantu pemulihan dari penyakit apapun, dan penarikan benzodiazepine tidak terkecuali. Saran terbaik adalah dengan mempertahankan diet seimbang, karena kemungkinan untuk memiliki semua komponen yang dibutuhkan tubuh, dan tidak menjadi obsesif tentang hal itu. Penarikan menghasilkan cukup kecemasan tanpa menambahkan kepada mereka.

Namun, masalah bisa timbul di perut dan usus karena stres umum yang disebabkan oleh penarikan. Jadi orang menderita mual, sembelit, gangguan pencernaan, diare dan sebagainya, yang sebagian besar dapat timbul dalam keadaan normal, dan rentan terhadap pengobatan konvensional. Jadi jika, misalnya, seseorang memiliki serangan diare disebabkan oleh virus usus, pengobatan normal adalah dengan menjaga badan tetap hangat, minum banyak air, dan mengganti garam yang hilang akan dapat dilakukan. Jika di sisi lain, masalahnya adalah sakit perut yang disebabkan oleh ketakutan beberapa peristiwa, mungkin tidak ada yang bisa caregiver dapat lakukan kecuali menjadi meyakinkan dan simpatik.

Beberapa makanan harus dihindari, atau dikurangi, terutama stimulan seperti teh, kopi dan alkohol. Secangkir kopi Java hitam sebelum tidur tidak akan menjadi ide yang baik untuk seseorang yang memiliki kesulitan tidur. Hal ini mungkin cukup untuk mengurangi asupan stimulan bukan menghilangkannya, tetapi istri saya memutuskan itu lebih mudah hanya untuk memotong wine sama sekali. Ada beberapa bukti bahwa mengurangi asupan gula dapat bermanfaat, tapi itu mungkin ide yang baik dalam hal apapun. Dokter gigi saya akan setuju.


LATIHAN

Latihan seperti diet seimbang yang baik untuk membantu pemulihan, tapi sekali lagi jangan menuntut terlalu banyak dari tubuh Anda pada saat itu biarkan badan mencurahkan energi untuk memperbaiki dirinya sendiri. Meskipun latihan yang keras biasanya tidak mungkin atau diinginkan, olahraga ringan seperti berjalan diragukan lagi membantu.

Kami melakukan keseimbangan sederhana latihan kebanyakan pagi, yang benar-benar membantu otot-otot, terutama untuk orang-orang yang kakinya  tidak terpakai dalam hidup menetap. Latihan berharga lain adalah bernapas. Ketika cemas sangat mudah untuk napas pendek-pendek dan cepat. Pernapasan diafragma membantu untuk mengatasi hal ini, sebagian dengan mengalihkan dari perasaan. Kami menggunakan 2 dan 4 teknik di mana Anda bernapas melalui hidung selama 2 detik dan keluar melalui bibir mengerucut untuk 4. Bentuk latihan pernapasan dalam akan membantu.

Kesulitan dengan olahraga tampaknya menjadi bervariasi pada penderita dari hari ke hari. Orang-orang telah mengatakan bahwa suatu hari mereka bisa jalan-jalan bebas dan berikutnya mereka lebih atau kurang terbatas pada tempat tidur. Karena mungkin kemampuan fisik mereka yang sebenarnya tidak berfluktuasi sebanyak itu, itu berarti bahwa proses penarikan yang harus disalahkan, yang akan membuat upaya untuk membangun kekuatan fisik secara bertahap biasanya menjadi penyebab frustrasi.

Olahraga ringan otak juga membantu sebagian karena gejala umum termasuk kehilangan kemampuan untuk membaca atau menulis dengan lancar. Ini jelas frustasi sehingga setiap kegiatan, seperti permainan kata, teka-teki, teka-teki silang dan sejenisnya dapat membantu untuk meyakinkan penderita bahwa pikiran mereka masih utuh. Namun melemahkan gejala, pikiran rasional masih ada, dan mampu mengenali. Dalam kasus istri saya dia cukup mampu berpikir tentang dirinya seolah-olah dia adalah seorang pengamat, dan menganalisis rasional apa yang terjadi padanya.


YANG DIBUTUHKAN CAREGIVER

Menarik diri dari benzodiazepin adalah proses yang sulit dan bertele-tele , dan caregiver  baru akan tampak aneh dan tidak bisa dimengerti . Tidak seperti pulih dari , katakanlah , patah kaki , tidak ada logika yang jelas untuk penarikan dan menghasilkan banyak gejala aneh di sepanjang jalan . Seperti yang saya katakan dalam pendahuluan , saya telah mencoba untuk tidak melukis terlalu suram gambar , tapi peringatan awal . Namun, ada kabar baik . Sebagian besar kerusakan yang terjadi pada sistem saraf bersifat sementara , dan orang sembuh . Mereka sering menemukan ini sangat sulit untuk percaya dan yakin bahwa pikiran mereka akan pergi. Tapi ini adalah efek dari obat sementara mendistorsi pikiran mereka yang sebenarnya yang masih ada dan akan pulih . Mereka membutuhkan keberanian , kepercayaan dan dukungan untuk melakukannya , dan itu butuh waktu, tapi orang-orang yang telah sembuh mengatakan bahwa itu adalah hal terbaik yang pernah mereka lakukan , dan sepenuhnya layak diperjuangkan.

Memahami dan Mengasihi. Withdrawal  adalah pengalaman yang menyakitkan dan menyedihkan dan radikal yang mengubah kehidupan penderita. Ketika seorang penderita berperilaku dengan cara yang tak terduga, mereka tidak mengada-ada, dan memang mereka tidak memiliki kontrol yang efektif dari proses sama sekali, sehingga penjaga membutuhkan suara simpatik dan sikap. Tidak ada tempat untuk pendekatan "snap out of it.

 Komitmen. Caregiver  harus berkomitmen sejak awal karena penarikan cenderung menjadi proses yang panjang. Akan ada saat-saat ketika penderitanya yakin mereka tidak akan pernah berhasil, dan itu adalah ketika caregiver harus memberikan jaminan yang diperlukan. Caregiver harus siap untuk pepatah jangka panjang.

Pengetahuan. Caregiver harus tahu tentang cara kerja benzodiazepin, mengapa tapering itu penting dan bagaimana hal itu dilakukan. Mereka harus terbiasa dengan spektrum yang luas dari gejala, dan maknanya.

Kesabaran. Akan ada saat-saat ketika penderita menjadi frustrasi dengan kemajuan dan kadang-kadang bahkan agresif, sehingga diperlukan banyak kesabaran. Seperti yang kita katakan, "itu bukan saya, itu penyakit".

Waktu. Jelas caregiver harus memiliki banyak waktu. Saya beruntung bisa menjadi penuh waktu, tetapi banyak orang tidak akan memiliki kemewahan itu. Merawat membutuhkan waktu lebih lama daripada yang Anda kira. Jika penderita perlu berbicara hal-hal melalui, dan berbicara adalah salah satu taktik yang paling berharga, itu akan memakan waktu, dan caregiver harus siap untuk menghabiskan itu.

Swasembada. Dukungan luar terbatas yang berarti bahwa penderita dan caregiver mereka terlempar kembali pada titik awal untuk beberapa kali. Caregiver harus siap untuk merumuskan cara cerdik mengurangi masalah penderita.


APA YANG DILAKUKAN OLEH CAREGIVER?

Jawaban sederhana untuk ini adalah apa saja dan segalanya . Penarikan tidak hanya menyakitkan , itu juga menuntut , dan mendikte banyak kehidupan penderita dan oleh karena itu caregiver pun . Pekerjaan caregiver itu adalah baik fisik dan psikologis dan pada dasarnya terdiri dari mengisi kekosongan dalam hidup penderita dan mendukung mereka selama pemulihan . Dituntut untuk melakukan seluruh pekerjaan , dan jika pekerjaan bisa dibagi , akan lebih mudah .

Pekerjaan Fisik

Banyak hal yang biasanya dilakukan oleh penderita namun terrenggut oleh penyakit sampai batas tertentu dan caregiver harus menebus ini . Jika , misalnya , gejala penderita lemah koordinasi dan konsentrasi , dampak dari keduanya sangat sulit dijangkau . Banyak kegiatan sehari-hari menjadi terpengaruh atau terbatas seperti :
  • ·         mengemudi - terlalu berbahaya
  • ·         makan di luar - menjadi sangat berantakan
  • ·         memasak - baik berbahaya dan berantakan
  • ·         ganti baju - terlalu rumit
  • ·         membaca dan menulis - lagi terlalu rumit


 Jadi caregiver harus siap untuk menyediakan beberapa atau semua kegiatan ini termasuk:
  • ·         laundry dan mengorganisir pakaian
  • ·         berurusan dengan korespondensi dan tagihan
  • ·         perbelanjaan
  • ·         berurusan dengan pedagang
  • ·         membantu dengan kebersihan pribadi


 Singkatnya , apa pun yang penderita butuhkan dibuat  senyaman mungkin .

Pekerjaan Psikologis

Sementara pemulihan penderita akan perlu diyakinkan terus-menerus dan didukung karena mereka sering cemas. Mereka juga akan membutuhkan perlindungan karena mereka sangat rentan dan mudah takut . Ini berarti bahwa caregiver sering harus bertindak sebagai penyangga antara penderita dan teman-teman dan kenalan mereka , mencoba untuk menjelaskan kepada mereka apa yang terjadi pada penderita sehingga mereka tidak akan salah paham pada perilaku yang terakhir . Pengalaman kami adalah bahwa teman sejati tetap prihatin dan mendukung .
Bagian berikutnya berkaitan dengan titik-titik ini secara lebih rinci .


KECEMASAN

Fitur yang paling menonjol dari withdrawal  adalah kecemasan . Itu adalah alasan kenapa benzodiazepines diresepkan. Kecemasan menghasilkan hasil yang paling mendalam . Orang melaporkan kekhawatiran tampaknya cukup masuk akal . Mereka takut untuk pergi berbelanja , menghibur teman , atau bahkan hanya meninggalkan rumah . Kehidupan mereka menjadi sangat terbatas . Rasa takut melingkupi semua.

Ketakutan

Takut Orang dan Peristiwa. Ketakutan ini sangat nyata untuk penderita dan harus ditangani secara serius. Jika seseorang takut untuk meninggalkan rumah, itu karena mereka melihat rumah aman dan luar sebagai ancaman. Segala macam peristiwa yang normal menjadi ancaman, misalnya:
  • ·         kunjungan tak terduga dari seorang teman
  • ·         tiba-tiba merubah perjalanan belanja
  • ·         hanya akan ke toko
  • ·         hampir semua bentuk kejutan
  • ·         ekspresi wajah disalahartikan.


Ketakutan pada Masa Sekarang. Ketakutan yang lain yang menyertai  adalah ketakutan diri sendiri. Orang merasa putus asa, dan suasana hati mereka yang datar. Takut azab yang akan datang jauh lebih intens daripada setara normal, dan meskipun sering luar biasa, itu tidak mudah dikaitkan dengan kekhawatiran tertentu atau memicu sesuatu. Mood-swing  dari optimisme ke pesimisme yang sangat cepat dengan cara dari gangguan bipolar.

Takut Masa Depan. Penderita memiliki keraguan serius tentang masa depan, sehingga mereka mengatakan:
  • ·         Aku tidak akan pernah mendapatkan yang lebih baik
  • ·         tidak ada orang lain yang menderita seperti saya
  • ·         itu semakin parah
  • ·         akan benar-benar terjadi
  • ·         apa yang terjadi jika sisa hidup saya seperti ini?
  • ·         Aku akan mati


Intensitas dan rasa sakit penarikan berarti bahwa penderita yakin untuk menjadi agak pesimis tentang hasilnya, jadi caregiver perlu meyakinkan. Tapi bagaimana caranya? Penarikan tidak dapat diprediksi sehingga hari yang baik dapat diikuti oleh hari yang buruk, hari yang lebih baik atau yang serupa, dalam kombinasi apapun. Ada sangat sedikit di jalan dari pola yang dapat diandalkan. Apa yang buruk itu adalah dekat mustahil untuk menempatkan tanggal akhir penarikan, sehingga tak terelakkan "tapi berapa lama itu akan terjadi?" Adalah cukup baik terjawab.

Apa yang bisa Dilakukan oleh Caregiver?

Caregiver kemudian memiliki sejumlah pilihan, yang dibahas lebih rinci pada bagian yang mengikuti, seperti:
  • ·         berbicara mengenai masalah
  • ·         mengalihkan perhatian penderita dari masalah
  • ·         menggunakan pengalaman positif orang lain dan keberhasilan
  • ·         mengingatkan penderita bahwa masalah itu adalah akibat langsung dari penarikan
  • ·         meminta bantuan luar
  • ·         mendorong olahraga
  • ·         membantu penderita untuk melakukan hal-hal


 Istri saya memiliki memori jangka pendek yang lemah dan cenderung melupakan penyebab kesedihannya. Saya gunakan untuk mempertanyakan pemikiran itu sendiri, mengingatkan istri saya dengan mendapatkan dia untuk mengulangi mantra sederhana "itu bukan saya, itu penyakit". Penderita sangat terbungkus dalam diri mereka sendiri dan penyebab sebenarnya dari penarikan hilang dalam pikiran mereka. Mengingatkan mereka bahwa itu adalah, atau itu, obat yang bersalah membantu untuk meringankan perasaan bersalah mereka mungkin memiliki. Keraguan ini hanya pikiran dan perlu dimasukkan ke dalam perspektif yang tepat.
Pada titik ini dukungan caregiver itu akan di paling dibutuhkan, dan jaminan konstan paling dibutuhkan. Kadang-kadang membujuk penderita bahwa masalah mood yang mereka hadapi juga dihadapi oleh banyak orang lain dan mereka akhirnya akan hilang dapat membantu, tapi banyak penderita akan merasa sulit untuk percaya ketika mereka tertekan, dan sehingga semua yang caregiver  dapat lakukan adalah bertahan dan menunggu sampai hal-hal itu membaik. Selain itu penderita tampaknya merasa bersalah karena jika penyakit itu adalah kesalahan mereka. Hal itu tampak sepele saya menggunakan beberapa mantra sederhana seperti:
·         "Itu salah satu hari lebih dekat akhirnya"
·         "Anda akan sembuh - itu hasil alami dari penyakit"
·         "Itu bukan salah Anda - itu penyakit"


MEMBERIKAN DUKUNGAN

Kurangnya dukungan "resmi" membuat penderita dan caregiver  terlempar kembali pada stitik awal mereka sendiri beberapa kali. Strategi fisik seperti diet dan olahraga yang dibahas dalam Bagian 1. Bagian ini lebih berkonsentrasi pada psikologi untuk mengatasi withdrawal.

Orang yang menarik diri dari benzodiazepin sangat sensitif, untuk segala sesuatu dari suara tiba-tiba ekspresi wajah yang tak terduga. Mereka akan perlu diyakinkan terus-menerus dan kesabaran yang cukup dari caregiver. Namun aneh perilaku mereka mungkin tampak, seperti mereka tidak mengada-ada. Rasa sakit dan penderitaan yang sangat nyata, dan, seperti yang saya katakan sebelumnya, dorongan dari "snap out of it" harus dihindari karena cukup membahayakan.

Kebanyakan orang yang belum menemukan penyakit sebelum merasa sulit untuk percaya bahwa pil resep dapat mendatangkan malapetaka tersebut. Kami telah membuat tulang tentang stase  istri saya dengan teman-teman, tetangga dan kenalan. Sejauh yang kita tahu tidak ada yang aktif menghindari kami, dan banyak orang yang kita kenal bertanya tentang kesehatannya secara teratur.

Seiring dengan dosis obat yang menurun, namun perlahan-lahan, stimulus sedikit eksternal atau internal yang akan berangkat dari kecemasan yang dapat dengan mudah berkembang menjadi panik penuh tumbuh dalam sekejap. Hal ini pada gilirannya akan menghasilkan reaksi diucapkan, yang akan menghasilkan beberapa bentuk perilaku sering tak terduga dan tampaknya tidak masuk akal. Semua ini adalah karena sistem GABA tidak bekerja dengan baik.

Mendukung seseorang melalui perilaku ini membutuhkan beberapa strategi dan taktik, dan kami percaya bahwa kebaikan dan jaminan adalah tulang punggung dari setiap strategi. Mereka perlu diperkuat dengan taktik individu agar sesuai dengan keadaan tertentu, tapi kami telah menemukan bahwa dua strategi utama adalah penting yaitu berbicara dan gangguan. Selain orang menggunakan berbagai teknik mereka sendiri untuk membantu.

Berbicara

Berbicara tentang penyakit ini penting karena penderita hidup di kepala nya sendiri dalam banyak waktu, dan pikiran yang timbul dari ini dapat luar biasa. Ini jelas akan menjadi bencana jika tidak ada jalan keluar untuk ini, dan seperti yang jelas dari kebanyakan kelompok Facebook, orang memiliki kebutuhan yang kuat untuk melampiaskan perasaan mereka, mencari kepastian, dan mencari bimbingan. Penarikan dan pemulihan sangat mengisolasi.

Seorang caregiver harus siap untuk melakukan hal ini setiap kali diperlukan, tetapi memiliki waktu tertentu dalam sehari untuk membahas kemajuan tampaknya membantu. Kami menyimpan log harian (lebih kemudian), yang saya mengisi pada waktu yang sama. Setiap hari kami juga masuk ke kelompok Facebook kami, membaca dan membalas posting yang menyangkut kita, dan menambahkan tulisan kita sendiri. Penderita juga akan ingin berbicara setiap saat, jadi bersiaplah untuk mematikan radio atau televisi sehingga Anda dapat memberikan perhatian penuh. Berbicara dengan mudah dapat menjadi melelahkan, sebagian karena penderita cenderung memiliki konsentrasi yang buruk, dan sebagian lagi karena sangat mungkin membutuhkan dorongan. Jika penderita yakin bahwa mereka tidak akan sembuh, dan sebagian besar di beberapa stase atau lainnya, menggedor tidak mungkin untuk membantu. Mencapai keseimbangan adalah penting.

Gangguan (Distraksi)

Duduk di kursi dan merenung untuk waktu yang lama sangat tidak membantu, sehingga beberapa bentuk gangguan memainkan peran penting dalam merawat seseorang. Apapun kegiatan yang dirancang untuk mengalihkan perhatian, pulih dari benzodiazepin sangat melelahkan, sehingga menghindari menciptakan tekanan lebih lanjut. Penderita dapat bereaksi buruk terhadap setiap peristiwa tak terduga, sehingga bermunculan kejutan mungkin bukan taktik yang baik. Kita cenderung untuk mencoba untuk merencanakan hari sehingga hal-hal serupa yang dilakukan pada waktu yang sama. Jadi rutinitas dasar kita terdiri dari pekerjaan rumah tangga di pagi hari, diikuti oleh belanja, makan siang diikuti oleh tunda (kami sangat tua!), Berbagai kegiatan di sore hari, makan malam dan menonton televisi di malam hari.

Salah satu gejala istri saya adalah keseimbangan yang lemah sehingga menghalangi kegiatan seperti berjalan kaki, karena risiko jatuh terlalu besar. Dia telah jatuh beberapa kali dan berhasil mematahkan kaki kirinya pada salah satu dari mereka. Ini adalah gangguan yang lebih dramatis daripada yang kita rencanakan.

Namun ada banyak cara untuk mengalihkan perhatian penderita. Cara pribadi termasuk membaca, kerajinan, teka-teki silang, teka-teki dan menonton televisi. Cara sosial termasuk kunjungan (kami memiliki beberapa teman-teman yang mengunjungi kami), jejaring sosial, menelepon teman dan email. Keluar rumah untuk hiburan lebih problematis. Dalam kasus istri saya ini dibuat terlalu banyak stres. Aturan umum tentang gangguan tampaknya melakukan apa-apa yang mungkin memicu kepanikan, dan tidak mencoba sesuatu yang baru. Penderita mengalami kesulitan belajar hal-hal baru. Jadi jangan lakukan sesuatu yang dramatis seperti pindah rumah atau mengorganisir perayaan keluarga raksasa.

Teknik

Bagian dari untuk  kembali normal adalah melakukan banyak hal proses memungkinkan karena pemulihan berlangsung. Jadi jika seorang penderita memiliki teknik terapi tertentu atau hobi yang mereka nikmati, melakukannya lagi dapat membantu, tapi ada syaratnya. Mencoba untuk melakukan sesuatu dan gagal bisa sangat kontra produktif. Istri saya adalah pembuat renda yang berpengalaman, tapi selama ketergantungan dan penarikan dia tidak mampu melakukan bahkan jahitan yang paling dasar, yang sangat frustasi dan menyedihkan.

Beberapa orang menemukan teknik mapan seperti meditasi dan bantuan kesadaran, terutama jika mereka sudah akrab. Teknik yang memudahkan stres penarikan harus bermanfaat. Mendengarkan menenangkan CD kadang-kadang membantu yang cukup sering walau hanya untuk membantu untuk tidur. Ada cara untuk menghabiskan waktu! Hobi juga bisa membantu, tetapi mereka bisa stres jika keterampilan yang dimiliki di masa lalu untuk sementara pergi, karena, misalnya, penderita koordinasi atau konsentrasi terganggu. Akan lebih baik mungkin untuk melakukan sesuatu yang kurang menuntut untuk saat ini.


MENGHADAPI GEJALA

Gejala utama Istri saya lebih atau kurang adalah kecemasan terus-menerus, serangan panik sering, koordinasi yang buruk dan konsentrasi, keseimbangan yang lemah dan kulit berfluktuasi sensasi mirip dengan sengatan matahari yang disebutkan sunburn. Hasilnya adalah bahwa ia semakin kurang mampu melakukan hal-hal. Bahkan hal-hal sehari-hari yang sederhana seperti memasak atau menyetrika menjadi lebih dan lebih sulit. Orang yang memakai benzodiazepin teratur berbicara tentang hidup hanya setengah hidup, dan perlahan tapi pasti hidup kita, sosial, rekreasi dan domestik, menjadi lebih dan lebih terbatas. Pergi berbelanja secara lokal, melihat beberapa teman dekat di rumah kami bukan milik mereka, menonton televisi, dan mendengarkan radio sekitar batas-batas kehidupan benzodiazepine kami. Melakukan apa-apa mungkin jauh dari stres hanya tidak mungkin.

Sebagai orang yang telah mengalami penarikan, dapat menghasilkan rentang yang sangat luas dari gejala, baik fisik dan psikologis, dan caregiver harus siap untuk semua ini dalam kombinasi apapun. Jadi jika, misalnya, Anda tidak bisa berkonsentrasi dan ini mencegah Anda dari membaca, Anda cenderung menjadi cemas dan tertekan tentang hal itu.

Dalam keadaan normal sistem GABA yang tidak didukung oleh obat akan melawan reaksi berlebihan terhadap bagian dari perangsang neurotransmitter  seperti noradrenalin, yang bertanggung jawab terhadap kewaspadaan dan menyokong respon melawan atau melakukan. Tapi dengan obat dikurangi atau dihapus, stimulus kecil dari luar atau di dalam otak dapat menyebabkan reaksi berlebihan utama, yang juga bisa tampak benar-benar masuk akal untuk seorang pengamat. Hal ini membuat sulit bagi penderita untuk mentolerir, dan sering menempatkan beban pada caregiver. Pada titik ini penderita perlu semua jaminan dan pemahaman caregiver dapat menyediakan.

Sejak benzodiazepin yang dirancang untuk mengurangi kecemasan, menarik diri dari mereka meningkatkan tingkat kecemasan, dan menghasilkan berbagai gejala yang mungkin lebih atau kurang konsisten, atau datang dan pergi per jam, harian, atau mingguan - itu benar-benar sewenang-wenang. Ini adalah salah satu karakteristik utama dari penyakit ini yang kemajuannya tidak dapat diprediksi. Namun jadwal tapering, proses ini tidak linear. Tidak seperti kerusakan fisik lainnya, sistem saraf tidak memperbaiki diri dalam cara yang teratur, setidaknya sejauh penderita dapat memberitahu. Sehingga gejala yang mungkin timbul, kemudian pergi, kemudian kembali, mungkin dalam bentuk yang sedikit berbeda, kemudian pergi lagi dan seterusnya. Itu membuat seolah kembali ke kehidupan normal sangat sulit.

Hal ini sangat sulit bagi orang-orang, khususnya dokter, untuk percaya bahwa ini berbagai gejala yang semua berhubungan dengan penarikan. Berbagai gejala luas dan banyak, mungkin sebagian besar, dari mereka bisa menjadi hasil dari penyakit lain, yang mengapa orang dalam penarikan telah salah didiagnosis sebagai memiliki gangguan seperti gangguan bipolar atau demensia, dan harus sangat berhati-hati jika mereka mengusulkan untuk berkonsultasi dengan dokter. Jika penderita dirujuk untuk tes dan hasilnya membuktikan negatif, ada kemungkinan bahwa itu adalah gejala penarikan bukan gejala penyakit lainnya. Hal ini sering sulit untuk mengetahui apakah gejala adalah hasil dari penarikan atau tidak, tapi gejala yang tiba selama tapering atau bahkan ketika mengambil obat ini mungkin adalah gejala penarikan.

Kami mengambil sebagian dari gerakan normal kita untuk diberikan. Dengan asumsi kita sehat, kita bisa berjalan, berbicara, makan, duduk, tidur dan sebagainya tanpa berpikir tentang hal itu. Tidak demikian halnya dengan penarikan benzodiazepine. Mekanisme normal konsentrasi dan koordinasi yang terganggu sehingga orang menderita keseimbangan yang lemah dan pusing, mengalami kesulitan dengan pisau dan garpu, menyusun kalimat jernih, berkonsentrasi pada percakapan, mengingat apa yang baru saja mereka baca; daftar berjalan dan terus. Lupakan menjalankan rumah tangga atau melakukan pekerjaan. Ada gejala fisik lain yang lebih aneh, seperti kesan bahwa kulit seseorang terbakar misalnya, yang terasa seperti terbakar sinar matahari. Orang mengembangkan perut besar "benzo perut", nyeri otot, kelelahan, kaki lemah "jelly kaki", dan banyak keanehan lainnya. Mereka bereaksi berlebihan terhadap suara, atau menderita distorsi perseptual "melihat hal-hal". Bagi sebagian orang tidur menjadi sulit.

 Di atas semua orang menjadi bingung, dan menemukan diri mereka tinggal di dalam kepala mereka sendiri. Dunia telah menjadi ancaman dan sistem saraf yang rusak tidak dapat mengatasinya. Dalam beberapa hal penderita berperilaku seperti binatang yang terluka, dan bersembunyi di rumah mereka sendiri atau kepala adalah satu-satunya pilihan yang aman.

Untuk kenyamanan Gejala biasanya dibagi menjadi dua kelompok - fisik dan psikologis. Tentu saja ada tumpang tindih. Jika misalnya Anda tidak dapat berkonsentrasi dan ini mencegah Anda dari membaca, Anda cenderung menjadi cemas dan tertekan tentang hal itu. Ada banyak gejala individu, dan mereka sering tumpang tindih, sehingga untuk membuat penjelasan lebih mudah saya telah membagi dua kelompok dalam set gejala. Pada akhir setiap set saya telah menyarankan beberapa cara yang orang telah menemukan membantu mengatasi gejala.


GEJALA FISIK

Seperti banyak gejala fisik ini menyenangkan cukup secara individual, tapi jauh lebih buruk ketika mereka terjadi dalam kombinasi, yang mereka lakukan. Mereka sering muncul sebagai  gejala terakhir untuk pergi.

Keseimbangan, Koordinasi dan Konsentrasi

Keseimbangan. Ada dua komponen dalam keseimbangan - mata dan telinga bagian dalam, yang memberitahu otak tentang aktivitas tubuh ini, dan postur yang membuat tubuh tegak, disesuaikan untuk perubahan medan dan sebagainya. Hasil salah satu dari ini keluar dari sinkronisasi keseimbangan yang lemah  dan atau pusing, merasa goyah pada kaki, ruang 'berputar' bahkan ketika duduk atau berbaring, merasa mabuk, dan kedua komponen ini terjadi selama penarikan. Hal ini menyebabkan risiko jatuh, terutama pada orang tua, bertabrakan dengan benda-benda, secara tidak sengaja membakar diri sendiri, tersandung, dan kejanggalan umum. Pusing juga dapat menyebabkan mual.

Koordinasi. Sekutu untuk menyeimbangkan koordinasi atau lebih tepatnya kurangnya itu. Jika sesuatu ini bahkan lebih frustasi, karena bagi orang-orang yang biasanya mahir, karena tidak mampu melakukan hal-hal sederhana seperti melakukan menutup resleting  atau mengubah kunci dalam kunci menjadi  menyebalkan. Hal ini mempengaruhi banyak kegiatan normal sehari-hari seperti berpakaian, memasak, menggunakan komputer, mengemudi atau bahkan berjalan. Kegiatan yang lebih kompleks, artistik, olahraga, atau sosial semua bisa terpengaruh. Makan di luar misalnya adalah memalukan jika makanan berakhir di lantai.

Konsentrasi. Kegiatan seperti membaca menjadi sulit karena penyakit menghalangi orang dari kemampuan untuk berkonsentrasi. Ini memiliki banyak implikasi yang luas, seperti efek pada percakapan. Chatting menjadi sulit untuk mengikuti; topik terlewatkan atau tidak sengaja diabaikan dan menjadi malu bersosialisasi. Upaya berkonsentrasi melelahkan dan lama percakapan yang menjadi lebih buruk. Pasien tidak mampu untuk memusatkan perhatian mereka, memperoleh informasi baru, menguraikan arah atau mengikuti petunjuk sederhana.

Bantuan. Semua masalah yang dijelaskan jelas menempatkan pembatasan yang kuat pada kehidupan penderita. Caregiver  perlu memberikan dukungan secara harfiah dengan membantu penderita untuk menghindari kecelakaan, tidak mencoba aktivitas fisik berisiko dan menggunakan alat bantu seperti tongkat. Mereka juga perlu dukungan emosional  karena penderita cenderung membenci sangat kuat fakta bahwa banyak hal yang mereka lakukan pre-benzodiazepine yang  tidak bisa mereka lakukan sekarang, dan ini sangat frustasi. Hal ini tentu berlaku untuk istri saya. Karena waktu adalah satu-satunya obat tertentu, banyak dari penarikan dan pemulihan pada dasarnya melewati waktu. Jadi caregiver harus mencoba untuk menemukan cara-cara untuk menduduki penderita dalam batas-batas kemampuan yang terakhir. Kadang-kadang tidak ada banyak yang dapat dilakukanoleh caregiver  kecuali mendorong bila memungkinkan dan menahan diri dari mengambil alih. Seperti biasa keseimbangan adalah yang paling penting. Latihan yang direncanakan juga dapat membantu.

Rasa Sakit dan Sensasi yang Dirasakan

Rasa sakit. Selama penarikan, sakit kusam dan nyeri dapat dialami di hampir setiap bagian dari tubuh termasuk otot, bawah, tengah atau punggung bagian atas, wajah, lengan dan kaki, kepala, dahi, jaringan lunak, gigi dan mulut. Contohnya adalah perasaan bandana  imajiner di sekitar kepala terus-menerus diperketat, sakit otot seolah lelah setelah pengerahan tenaga, mulut sakit kering, dan mati rasa wajah.

Sensasi. Terlepas dari orang sakit langsung mengalami varietas sensasi fisik yang tidak masuk akal jelas. Misalnya, orang melaporkan merasa serangga merangkak di kulit mereka, ketika jelas tidak ada. Sensasi seperti membakar kulit, perasaan sengatan listrik, rasa haus yang tak terduga, pin dan jarum, berkeringat, perubahan suhu jelas, hipersensitivitas menyentuh semua dirasakan. Sensasi dapat muncul pada setiap bagian dari tubuh, sering bahu, punggung, tangan dan kaki. Kadang-kadang orang hanya hipersensitif pada sentuhan. Salah satu sensasi sangat aneh adalah perasaan otak bergerak di dalam kepala. Tidak mengherankan tes dilakukan pada penderita cenderung untuk mengungkapkan apa-apa yang salah.

Bantuan. Mengobati nyeri benzodiazepine yang disebabkan sulit karena mekanisme respon nyeri yang normal tidak terlibat secara langsung dengan cara yang biasa. Jika, misalnya, Anda memukul ibu jari Anda dengan palu, ibu jari sakit karena otak Anda mengatakan itu menyakitkan. Neuron sensorik di ibu jari Anda mengirim pesan ke otak Anda melalui sumsum tulang belakang, dan otak memutuskan kerusakan mungkin telah dilakukan untuk ibu jari Anda. Hal ini juga memutuskan perlu Anda lakukan sesuatu, sehingga Anda bersumpah dan merasa lebih baik. Tapi jika seperti yang istri saya alami Anda mengalami sensasi terbakar umum yang terasa seperti jika kulit Anda terbakar matahari, ketika cukup jelas tidak, ini tampaknya tidak menjadi bagian dari mekanisme nyeri normal. Seperti sebelumnya otak Anda memberitahu Anda bahwa Anda terbakar matahari, tetapi pesan tidak tampaknya akan datang dari saraf-saraf di kulit Anda. Merawat kulit dengan, katakanlah, Aloe Vera, yang biasanya akan meredakan sengatan matahari, dapat membantu atau tidak. Tampaknya tergantung pada kondisi psikologis Anda pada saat itu. Istri saya telah mencoba berbagai hal-hal seperti E45 pelembab dan Oilatum yang Anda tambahkan ke air mandi, tapi sedangkan keduanya menyenangkan dengan cara mereka sendiri, tidak memiliki efek jangka panjang.

Indera-Indera

Penglihatan. Masalah yang umum adalah penglihatan kabur atau ganda, yang mengakibatkan kesulitan membaca, menonton televisi, atau hanya berfokus pada sesuatu yang terjadi di sekitar Anda. Mata bisa sakit, kering, merah, lelah, atau memiliki penampilan kaca tidak berbeda dari pecandu narkoba. Mereka bisa lebih dari biasanya sensitif terhadap intensitas cahaya di bahwa segala sesuatu tampaknya cerah jadi tak tertahankan, bahkan mengarah pada kebutuhan untuk memakai kacamata matahari di dalam ruangan. Penderita tidak dapat melihat layar komputer. Lebih buruk lagi adalah distorsi visual di mana orang mulai melihat hal-hal, lampu berkedip, benda mati muncul untuk bergerak, orang yang muncul bangunan datar, satu-dimensi dan seperti kertas, bersandar, lantai bergelombang. Perubahan yang cepat dari stimulus sebagai terjadi selama iklan televisi misalnya dapat menyebabkan sensory overload ketika otak tidak bisa mengatasi. Istri saya hanya menggunakannya  untuk pergi tidur kadang-kadang. Orang banyak dapat menghasilkan efek yang sama.

Pendengaran. Hipersensitivitas yang berlaku untuk pengilhatan juga dapat berlaku untuk pendengaran. Suara sehari-hari seperti yang dihasilkan oleh alat pemotong, peralatannya, orang, dan lingkungan yang normal tampak normal keras. Tinnitus (telinga berdenging) juga terjadi dalam bentuk dering konstan atau intermiten di telinga.

Berbicara. Masalah utama dengan bicara adalah bahwa tampaknya ada pemutusan antara otak dan mulut. Pada saat kalimat yang muncul sempurna jelas dalam pikiran keluar melalui mulut, mereka telah menjadi terdistorsi, dengan frase-arik atau tidak lengkap, dan kata-kata yang hilang. Hal ini sering diperparah oleh kegagalan memori. Upaya berkonsentrasi pada hanya mengatakan sesuatu yang masuk akal adalah melelahkan dan membuat percakapan biasanya fasih menjadi sangat sulit.

Bantuan. Ada mungkin yang caregiver dapat lakukan untuk membantu kecuali meyakinkan kembali para penderita yang sensitivitas yang normal akan kembali. Solusi yang kami telah mengadopsi adalah untuk menghindari rangsangan visual hanya dengan mencari di tempat lain, atau menutup mata Anda. Suara dapat teredam. Masalah berbicara tampaknya datang dalam gelombang kejernihan diikuti oleh kebingungan, hampir pasti terkait dengan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi. Caregiver harus mendengarkan tanpa mengambil alih, tapi meminta lembut. Hal ini tampaknya untuk membantu percakapan untuk menjalankan semulus mungkin.

Badan

Jantung. Gejala yang paling umum dilaporkan adalah palpitasi, serta detak jantung  yang tidak teratur atau cepat. Jantung dikatakan merasa seolah-olah itu adalah melompat keluar dari rongga dada. Ini biasanya dikaitkan dengan serangan panik dan dapat diobati dengan cara yang sama.

Paru-paru. Ketidakteraturan serupa dilaporkan untuk paru-paru, yaitu bernapas lebih cepat dan lebih dalam dari yang diperlukan dan bernapas. Juga dilaporkan adalah sakit tenggorokan dan sensasi tersedak.

Sistem pencernaan. Penderita melaporkan berbagai gejala pencernaan. Mulut terasa kering dan kurang air liur, dan ada dorongan yang kuat untuk terus minum. Rasa terdistorsi dan rasa logam, dan saraf pada gigi dan gusi terasa sakit. Kejang esofagus terjadi memberikan perasaan tenggorokan tersedak. Perut sangat sensitif terhadap rasa sakit umum dan gejala tertentu seperti muntah, refluks, mual, dan kram. Nafsu makan berubah menyebabkan fluktuasi dijelaskan berat. Kram juga terjadi di perut, tetapi gejala perut yang paling sering dilaporkan adalah distensi atau kembung, digambarkan sebagai "perut benzo", ketika penderitanya memiliki perut gendut atau bahkan terlihat hamil. Kedua diare dan sembelit terjadi.

Limbs. Setara dengan perut benzo adalah "jelly kaki" di mana kaki merasa lemah dan karet seolah-olah hendak memberi jalan. Masalah dengan anggota badan bervariasi dari kegelisahan hingga merasa seperti timbal. Orang mengeluhkan tremor tak terkendali dan berkedut dan gerakan tidak sadar lainnya. Mereka merasa perlu untuk bergerak dan dorongan yang sangat kuat untuk menggerakkan kaki mereka ketika berbaring. Sebaliknya juga terjadi, di mana anggota badan orang merasa sangat berat, dan otot-otot mereka merasa seolah-olah mereka baru saja melakukan latihan yang ketat. Sendi dan otot-otot mereka terluka.

Sistem Urinari. Orang-orang mengeluh retensi cairan (edema) mengambil bentuk kaki bengkak, tangan atau kelopak mata, atau umumnya tampak bengkak. Hal ini dapat terjadi dengan masalah kencing, seperti perlu untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya, sebagian atau lengkap inkontinensia, nyeri saat buang air kecil dan kandung kemih hipersensitivitas.

Suhu tubuh. Fluktuasi suhu tubuh jelas terjadi, meskipun termometer tidak dapat mengukurnya. Hal ini disertai dengan gejala demam seperti, seperti berkeringat banyak, kadang-kadang bergantian dengan rasa dingin, dan nyeri pada sendi atau otot.

Hormon. Proses hormonal yang normal tampaknya menyebabkan ketidakteraturan menstruasi dan kram, ketegangan pramenstruasi, tak terduga hot flashes. Orang juga melaporkan kehilangan minat dalam hubungan seksual dan ketidakmampuan untuk menjadi terangsang.

Serangan Mendadak. Serangan mendadak (seperti serangan epilepsi) meskipun jarang dapat terjadi tetapi biasanya berkaitan dengan penarikan cold turkey.

Rambut dan Kuku. Hanya untuk menambah daftar gejala fisik rambut rontok tidak menyenangkan atau kerusakan dan perubahan tekstur dilaporkan. Kuku bisa berubah warna, menjadi kuning atau abu-abu, dan dapat menjadi lemah dan terpecah.

Kulit. Intens perasaan terbakar. Ruam.

Kepala. Merasa band putaran dahi

Bantuan. Banyak orang melaporkan pada GP mereka untuk tes untuk gejala tubuh tertentu, yang merupakan langkah yang bijak jika sebenarnya ada masalah yang terpisah terjadi. Namun kedua caregiver dan penderita harus menyadari bahwa GP mungkin keliru mendiagnosis sebuah penyakit yang sebenarnya merupakan gejala penarikan, dikonfirmasi oleh fakta bahwa tes sering terbukti negatif. Lebih rumit adalah infeksi. Orang menarik tunduk pada stres, dan sistem kekebalan tubuh mereka sangat mungkin bekerja di bawah batas. Pada titik ini kunjungan ke dokter diperlukan.

Jelas banyak gejala di atas mungkin menanggapi pengobatan konvensional, pencahar untuk sembelit misalnya. Lainnya mungkin harus menunggu sampai pemulihan sedang berlangsung.

Tidur dan Rasa Lelah

Salah satu kegunaan yang benar yang paling penting dari benzodiazepin adalah untuk menangani insomnia AKUT. Namun gangguan tidur adalah fitur umum dari penarikan disertai dengan mimpi, mimpi buruk, dan gigi gemeretak. Gangguan berupa malam-malam berturut-turut tanpa tidur, terlalu sedikit jam tidur per malam, dan bangun sepanjang malam, dan kemudian tidak dapat kembali tidur. Ditambah dengan ini adalah perasaan umum kelelahan dan kelemahan. Orang kekurangan energi dan insentif untuk melakukan hal-hal, yang lesu dan letih. Bangun dengan kaget disertai dengan perasaan panik  bisa terjadi. Mimpi buruk  akan surut sebagai perbaikan otak.

 Di sisi lain beberapa orang menemukan bahwa mereka perlu sangat banyak lebih banyak tidur di malam hari dan siang hari, dan laporan tinggal di tempat tidur selama berhari-hari pada suatu waktu. Melakukan terlalu banyak pada satu hari dapat menghasilkan kebutuhan untuk lebih banyak istirahat dari biasanya.

Bantuan. Benzodiazepin menghambat mimpi, sehingga menarik mimpi dan kadang-kadang mimpi buruk, jadi cobalah untuk menghindari stimulan seperti kopi berkafein atau alkohol, yang bisa membuat hal-hal buruk, sebelum tidur. Beberapa orang menanggapi suara menenangkan atau musik, cakram yang sudah tersedia. Tubuh memiliki keterikatan yang kuat untuk memastikan tidur, sehingga pemulihan akan melihat kembali tidur normal dan mimpi buruk surut.

GEJALA PSIKOLOGIS

Depresi

Gejala umum dan konsisten penarikan dan pemulihan depresi. Orang menderita perasaan putus asa, dan suasana hati mereka yang datar. Moodswing dari optimisme ke pesimisme yang sangat cepat seperti pada gangguan bipolar. Akibatnya penderita mengalami perasaan seperti:
·         Aku akan mengalami kerusakan otak permanen
·         Aku tidak akan pernah merasa normal kembali
·         tidak ada yang mengerti atau percaya apa yang saya lalui
·         Saya sendirian dan terisolasi
·         tidak ada yang menarik dari saya

 Suasana hati yang ini kadang-kadang menghasilkan menangis, yang penderitanya tidak bisa tahan, tapi kesamaan dengan ledakan emosi dapat memiliki efek terapeutik.

Bantuan. Pada titik ini perhatian caregiver ini sangat dibutuhkan, dan jaminan konstan paling dibutuhkan. Kadang-kadang membujuk penderita bahwa masalah mood mereka hadapi juga dihadapi oleh banyak orang lain dan mereka akhirnya akan hilang akan membantu, tapi banyak penderita akan merasa sulit untuk percaya ketika mereka tertekan, dan sehingga semua yang caregiver dapat lakukan adalah bertahan dan menunggu sampai hal-hal membaik.

Panik

Panic muncul sebagai ketakutan yang tidak masuk akal , adrenalin mengalir cepat , overbreathing dan jantung berdebar . Orang merasa seolah-olah mereka tersedak , tidak dapat bernapas atau bahkan mati . Obsesi terjadi . Salah satu yang terjadi pada istri saya adalah perasaan bahwa ia terus-menerus terlambat untuk segala sesuatu yang kami bangun pada jam awal setiap hari . Penderita sangat sensitif terhadap suara tak terduga , orang atau peristiwa , dan mereka dapat menangis intens tanpa alasan yang jelas .

Bantuan. Pengobatan klasik untuk serangan panik (terlepas dari benzodiazepin tentu saja) adalah pernapasan diafragma , yang dimaksudkan untuk mengatasi hiperventilasi yang biasanya menyertai panik . Salah satu cara sederhana untuk melakukan ini , yang berguna di mana pun panik terjadi , adalah untuk napas dalam melalui hidung hingga hitungan 2 dan napas melalui bibir mengerucut ke hitungan 4. Idenya adalah bahwa hal itu baik mendapat bernapas di bawah kontrol dan mengalihkan perhatian dari serangan sampai batas tertentu .

Ketakutan

Seperti panik, ketakutan dapat menjadi melumpuhkan dan terasa sangat nyata . Dibutuhkan berbagai bentuk seperti :
·         tidak mampu mengatasi dengan meninggalkan rumah
·         tidak mampu mengatasi dengan pengunjung , bahkan keluarga
·         takut mengemudi
·         takut morbid ketinggian
·         takut azab yang akan datang

Ketakutan ini menjadi tidak masuk akal bagi caregiver, dan sering tidak memiliki penyebab yang jelas. Kami telah mengambil pendekatan yang menghadapi rasa takut dan mengatasi itu , yang juga bisa bekerja dalam keadaan normal , akan sangat tidak pantas dan terlalu stres , sehingga menghindari adalah strategi yang lebih baik .

Derealisasi

Derealisation (bersama-sama dengan depersonalisasi) adalah distorsi persepsi dari dunia luar sering tanpa stimulus yang jelas, yang paling terkenal diinduksi pada tahun 1960 oleh obat psychedelic. Orang yang menarik diri dapat menderita distorsi atau halusinasi yang terjadi dalam berbagai bentuk dari benda-benda seperti kursi bergerak ke tubuh seseorang jatuh melalui tempat tidur. Benda yang normal menjadi bentuk dibayangkan, dan orang merasa seperti mereka melihat dunia melalui awan atau kabut. Mereka menggambarkan otak mereka yang tenggelam dalam kabut. Kadang-kadang pengalaman yang cukup menakutkan atau mengancam seperti mimpi buruk kecuali bahwa orang-orang yang tidak benar-benar tertidur. Derealisation sering disertai dengan berkeringat dan panik. Penderita mengajukan pertanyaan seperti:
·         dimana saya?
·         mengapa ada kambing di sudut ruangan?
·         apa yang salah dengan gambar TV?

Salah satu efek distorsi ini sensory overload, misalnya tidak mampu mengatasi tekanan visual dan aural dari menonton televisi. Otak seperti mati. Lebih rumit adalah perasaan tergelincir antara realitas dan tidak nyata. Jadi misalnya "Aku tahu ruangan ini dan mengenalinya, tapi masih tidak beres".

Bantuan. Seperti yang sering terjadi, caregiver  yang harus mengatasi dengan beberapa cara menangani masalah ini. Berbicara tentang halusinasi, yang bertujuan untuk mengurangi dampak dan mengembalikannya ke proporsi yang tepat sering bekerja. Mengatakan penderita bahwa itu semua dalam pikiran dan tidak nyata.

Depersonalisasi

Orang yang menderita depersonalisasi merasa terpisah dari diri mereka sendiri . Mereka merasa seolah-olah mereka sedang menonton sendiri bergerak , tanpa kontrol atas proses. Dunia mereka adalah seperti mimpi ; mereka merasa jauh , terkucil, dan dalam keadaan tidak nyata . Orang-orang berbicara tentang menjadi seorang alien dalam tubuh mereka sendiri . Hal ini dapat menjadi pengalaman yang sangat mengganggu . Penderita dari ini mengajukan pertanyaan seperti :
·         Siapakah aku?
·         kamu siapa?
·         Siapa saja yang dalam ruangan ini? Padahal tidak ada siapa-siapa

Istri saya merasa seolah-olah ada orang lain tinggal di dalam dirinya , semacam raksasa mencoba untuk mencegah penyembuhan sepanjang waktu . Kami dijuluki makhluk ini " Benzo " dengan harapan bahwa memberikan hal ini kepribadian akan membantu kita berurusan dengan itu .

Bantuan. Ini adalah masalah yang tampaknya hanya dapat dikurangi dengan berbicara tentang kebingungan , dan perlahan-lahan menyesuaikan kembali kebingungan itu.

Phobia

Fobia yang paling umum yang terkait dengan kebutuhan untuk merasa aman . Contohnya adalah agoraphobia , takut ruang terbuka , dan fobia sosial , rasa takut harus berkomunikasi dengan orang-orang . Untuk alasan ini orang cenderung untuk tinggal di rumah mereka sendiri yang merasa lebih aman . Luar menjadi ancaman , dan termasuk rasa takut memiliki serangan panik di tempat yang tidak diketahui . Menjadi hipersensitif terhadap rangsangan terkecil dan membuat hal-hal buruk .

Bantuan. Kesulitan untuk caregiver ketika berhadapan dengan , katakanlah , penderita yang takut dengan kunjungan potensial , bahkan dari seorang teman dekat , adalah apakah untuk membatalkan atau mendorong untuk itu . Hal ini sering masalah pertimbangan baik berdasarkan penilaian Anda tentang manfaat potensi kunjungan .


Emosi

Seperti yang sering terjadi selama penarikan , emosi dapat berayun dari satu ekstrem ke yang lain tanpa alasan yang jelas . Ini adalah salah satu hal yang paling sulit bagi caregiver untuk menangani , dan membutuhkan kesabaran yang cukup dan pemahaman juga . Di satu saat penderita menjadi marah , argumentatif atau hanya merasa terganggu. Menangis tak terkendali disebutkan sebelumnya sering merupakan bagian dari ini. Mereka mungkin merasa perlu untuk menyerang. Di sisi lain emosi mereka dapat tumpul , hampir dibius . Mereka merasa datar , tidak positif atau negatif , dan terlepas dari perasaan normal mereka . Orang menyalahkan diri sendiri karena perilaku mereka , ketika itu cukup jelas bahwa obat yang sebenarnya harus disalahkan .

Bantuan. Mencoba untuk berurusan dengan suasana hati penderita kadang-kadang melelahkan . Penderita tidak bisa menjelaskan , tidak dapat menemukan kata-kata , dan caregiver hanya harus menebak . Anda akan disalahkan, jadi bersiaplah untuk mendapatkan bahu anda basah.

Kognitif Berkurang

Menjadi tidak dapat mengingat fakta-fakta peristiwa atau nama , terutama dalam jangka pendek , adalah salah satu hal yang paling menyebalkan yang bisa terjadi pada siapa saja . Sayangnya , hal itu sering terjadi pada penderita . Dikombinasikan dengan konsentrasi yang buruk itu membuat percakapan yang sangat sulit, terutama ketika percakapan berubah dengan cepat dari satu topik ke yang lain .

Dalam fungsi kognitif umumnya  terganggu . Ini mengambil banyak bentuk , seperti ketidakmampuan untuk belajar hal-hal baru , untuk mempertahankan atau mencerna ide atau untuk memahami sesuatu yang mereka baru saja baca.

Bantuan. Caregiver  dapat berbuat banyak untuk menjadi buffer penderita dengan mengisi kesenjangan . Kehilangan memori dapat menyerang siapa saja , dan sering mungkin untuk membuat lelucon itu . Ketika penderita kehilangan benang percakapan , caregiver harus menyambung kembali bagian yang hilang tanpa berhenti agar percakapan tidak mati.

Pikiran yang Mengganggu

Untuk senyawa kerugian kognitif, orang menemukan diri mereka terjebak dalam garis pemikiran tertentu yang dapat menjadi jalan menuju berpikir normal, setara dengan sebuah lagu yang berulang lagi dan lagi dan tidak mungkin bergeser. Pikiran yang tidak diinginkan seperti sering kurang menyenangkan dan obsesif. Kenangan traumatis muncul permukaan, orang merasa curiga atas  tindakan atau motif lain, dan terburuk dari semua, mereka merasa bahwa satu-satunya jalan keluar dari penderitaan yang disebabkan oleh penarikan adalah bunuh diri. Kecuali seseorang memiliki riwayat merenungkan atau mencoba bunuh diri tidak mungkin bahwa seorang penderita akan benar-benar mencoba, tapi pikiran itu masih kuat dan nyata. Kurang parah tapi tetap mengganggu adalah keyakinan bahwa sosok  imajiner sedang mencoba untuk membuat penderita down, mengkritik dan mencaci penyakit mereka dan upaya untuk mendapatkan yang lebih baik.

Bantuan. Pikiran-pikiran ini akan berkurang seiring dengan  orang tersebut pulih, sehingga jaminan dari caregiver sangat dibutuhkan. Peningkatan pola tidur dianggap membantu mengurangi pikiran-pikiran ini. Hal ini juga meyakinkan untuk menyadari bahwa pikiran-pikiran ini, meskipun tidak menyenangkan, adalah tanda pemulihan.


MENJADI LEBIH BAIK

Penderita akan menjadi lebih baik; yang banyak kita ketahui. Banyak gejala yang muncul  tidak ada sajak atau alasan, tetapi perubahan mereka selama pemulihan dapat menjadi indikator peningkatan, yang jelas akan membantu menuju memulihkan kepercayaan penderita dan harapan. Sebagai contoh, saya katakan sebelumnya bahwa benzos memiliki efek merata pada tidur, jadi jika selama mimpi pemulihan mulai terjadi lagi mungkin berarti bahwa mekanisme tidur adalah memperbaiki sendiri, sampai defisit tidur disebabkan oleh benzo dipulihkan. Jelas jika salah satu mekanisme adalah memperbaiki sendiri sehingga akan sembuh dengan sendirinya.

Setiap orang yang terlibat ingin tahu berapa lama dan kapan keadaan yang normal akan dikembalikan, seolah-olah. Sayangnya itu adalah pertanyaan yang tidak terjawab. Penyakit ini cukup unik untuk setiap penderita, karena setiap penderita adalah berbeda-beda.

Salah satu cara untuk membantu adalah untuk menyimpan catatan peristiwa. Setidaknya akan menunjukkan bagaimana gejala bervariasi dan mana yang sudah. Tidak ada jaminan bahwa gejala tidak akan kembali, tapi bisa melacak itu memberikan beberapa kemiripan kontrol. Penarikan memainkan game lucu di memori, jadi kita, seperti orang lain, menemukan itu berguna untuk mencatat peristiwa dan perasaan.

Beberapa orang menjaga jurnal aktual, yang akan menjadi pendekatan yang tepat bagi orang-orang yang suka menjaga buku harian. Saya tidak cukup disiplin untuk itu, jadi saya memutuskan untuk membuat  log harian (bawah). Pada satu baris untuk setiap hari saya mencatat peristiwa pokok, keberhasilan dan bencana untuk hari itu. Ketika suatu gejala tertentu mengamuk itu didominasi catatan, jadi saya  bisa mendeteksi pola gejala datang dan pergi. Ketika ingatan kita yang rusak log membantu untuk menempatkan kami. Setelah lancip itu selesai, saya menambahkan sebuah meja kecil untuk log menunjukkan keadaan sehari-hari gejala utama, dalam hal ini tidur, keseimbangan, terbakar, pernapasan, konsentrasi dan koordinasi, dengan judul umum untuk seberapa baik hari pergi . Setiap item mencetak 0-3 yang berarti buruk, miskin, OK dan baik masing-masing. Sekali lagi itu menunjukkan pola khususnya sebagai gejala mulai menghilang. Untuk usaha yang relatif kecil itu memberi satu setidaknya perasaan mengetahui apa yang terjadi, dan beberapa indikasi kecenderungan peningkatan. Itu mentah tapi meyakinkan.



DUKUNGAN

Dukungan resmi

Kami telah memiliki banyak dukungan dari penderita lain, serta mereka yang telah melalui proses dan sekarang membantu orang lain untuk pulih. Anda akan segera mengetahui bahwa dukungan resmi dari NHS adalah semua tapi tidak ada. Bahkan ketika dokter umum menyarankan seseorang untuk berhenti minum obat, dia tidak mungkin tahu banyak tentang bagaimana melakukannya dalam detail yang diperlukan untuk melakukannya dengan aman dan sukses. Bahkan meskipun pedoman resmi telah ada sejak tahun 1988, dan telah diabaikan, itu tidak, seperti yang saya katakan sebelumnya, sampai November 2013 yang BNF memberikan beberapa rincian tentang penarikan aman dari narkoba. Informasi meskipun diterima tidak cukup dalam dirinya sendiri, dan akan selalu perlu menambah dari sumber-sumber informasi lainnya.

Orang banyak yang mengambil referensi dari rehabilitasi narkoba dan alkohol, melalui daerah kelompok commissioning klinis. Sayangnya seperti yang saya katakan dalam pendahuluan, kecuali mereka memiliki orang-orang yang berpengalaman dalam psikologi khususnya kecanduan benzodiazepine, bantuan yang mereka tawarkan adalah tidak pantas untuk pecandu paksa. Untuk sebagian besar pecandu narkoba dan pecandu alkohol harus dibujuk untuk menyerah, mungkin lebih dari sekali. Teknik yang digunakan oleh tim-tim ini termasuk obat-obatan, dan terapi perilaku, baik yang tampaknya cocok untuk penderita benzodiazepine yang keinginan utamanya adalah untuk bebas dari obat.

Dukungan Informal

Ada beberapa dukungan informal yaitu  empat sumber utama bantuan - teman dan keluarga, organisasi bantuan sukarela, kelompok jaringan sosial dan buku.

Teman dan keluarga. Penarikan dan pemulihan yang sangat menuntut pada penderita, banyak dari mereka tidak percaya mereka akan pulih. Mereka perlu diyakinkan terus-menerus dan banyak terapi bicara, yang semuanya juga sangat menuntut pada caregiver. Hal ini sering sulit bagi caregiver untuk menghadapi perubahan mood yang membawa penarikan, dan untuk memahami apa yang sedang terjadi.

Grup sukarela. Organisasi-organisasi sukarela sedikit banyak diantaranya, tersedia di telepon dan secara pribadi jika di daerah penderita, dan memiliki banyak keahlian. Kemungkinannya orang yang anda ajak bicara adalah orang yang pernah menderita, dan sangat empati. Mereka termasuk:
  • ·         Bristol Tranquilliser Project - www.btpinfo.org.uk
  • ·         Pertempuran Melawan Tranquillisers (BAT) - www.bataid.org/
  • ·         Oldham Tranx - www.benzo.org.uk/otbh.htm
  • ·         Dewan Informasi tentang Tranquillisers, Antidepresan dan obat penghilang rasa sakit (CITAp) - www.citap.org.uk/
  • ·         Recovery Road - www.recovery-road.org
  • ·         REST Project - https://www.facebook.com/REST.Project
  • ·         MIND di Camden - http://www.mindincamden.org.uk/services/minor-tranx
  •  

  • Support Group

Grup dukungan. Kurangnya dukungan resmi untuk penarikan benzodiazepine telah menyebabkan banyak kelompok-kelompok swadaya yang dibentuk. Syukurlah ada internet.

Salah satunya adalah BenzoBuddies (www.benzobuddies.org) berbasis di Amerika Serikat, dan memiliki lebih dari 15.000 anggota. Beroperasi sebagai forum, dan berisi begitu banyak informasi anekdot bahwa itu telah menjadi persinggahan pertama bagi banyak penderita. Banyak keberhasilan serta masalah mengerikan dibagi secara luas dan tertutup.

Di Amerika Serikat dan Inggris ada kelompok-kelompok pendukung, sebagian besar tertutup (swasta) di Facebook, menyediakan dukungan dari hari ke hari, dorongan, dan informasi. Ada juga situs dukungan, seperti http://www.beatingbenzos.com yang merupakan akun satu orang pemulihan dengan kekayaan informasi rinci termasuk cerita orang lain.

Namun ada tidak baiknya. Kontak terus menerus dengan sesama penderita dapat sedikit banyak berpengaruh misal dengan kondisi mereka yang sedang putus asa, jadi bersiaplah untuk mengambil istirahat kadang-kadang.

Buku. Benzo.org memiliki daftar buku telah ditulis tentang penarikan benzodiazepine, tetapi tiga yang sangat berharga bagi saya - "The Ashton Manual" oleh Profesor Heather Ashton, "Renewal and Recovery" oleh Bliss Johns dan "Coming off Tranquillisers, Sleeping Pills and Anti-Depressants"oleh Shirley Trickett. Rincian diberikan di bawah ini.


BAHAN REFERENSI

1.       Ashton Manual oleh dr. Heather Ashton. www.benzo.org.uk
2.       Recovery and Renewal oleh Baylissa Frederick (Bliss Johnson). Berdasarkan pengalaman pribadinya untuk lepas dari benzo yang tertulis di blog www.recovery-road.org
3.       Coming off Tranquillisers, Sleeping Pills and Anti-Depressants oleh Shirley Tickett. Perawat yang sadar akan pengaruh benzo pada penggunaan jangka panjang.
4.       Cracked oleh dr. James Davis.
5.       “Benzodiazepines: The Still Unfinished Story”
A Speech by Professor C Heather Ashton DM, FRCP,
to the “Beat The Benzos” Campaign Launch Conference,
Croydon, London, England
Wednesday, November 1, 200
benzo.org.uk/ashspeech.htm



Tidak ada komentar:

Posting Komentar