Selasa, 15 Maret 2016

The Ashton Manual. BAB I. Benzodizepines: Apa yang Mereka Lakukan pada Tubuh Anda?

Berikut ini adalah terjemahan dari Ashton Manual .  Terjemahan dengan Google Translate dan diedit di beberapa bagian. Semoga membantu.


CHAPTER I

BENZODIAZEPINES: APA YANG MEREKA LAKUKAN PADA TUBUH?


LATAR BELAKANG

Antara tahun 1982-1994 saya menjalankan klinik rehabilitasi benzo untuk orang-orang yang ingin lepas dari obat penenang dan obat tidur. Saya belajar dari orang-orang yang berani dan menderita. Dengan mendengarkan 300 pasien dan mengamati perkembangannya dari minggu ke minggu hari ke hari. Secara bertahap saya mempelajari benzo mana untuk pemakaian jangka panjang dan efek penarikannya (withdrawal).

Kebanyakan pasien diberi resep oleh dokter obat benzo, bahkan selama 20 tahun. Mereka ingin berhenti karena mereka merasa tidak baik. Mereka sadar, obat ini bekerja dengan baik pada saat pertama kali diresepkan, dan sekarang malah membuat mereka sakit. Mereka merasakan banyak gejala, baik fisik maupun mental. Beberapa merasa depresi ataupun cemas; beberapa ususnya iritasi, gangguan jantung ataupun syaraf. Banyak yang sudah memeriksakan diri ke dokter dan menjalani pemeriksaan pencernaan, jantung dan syaraf (hasilnya rata-rata negatif). Beberapa malah divonis menderita multiple scelrosis. Beberapa kehilangan pekerjaannya karena salah diagnosis.


BENZODIAZEPINES

Potensi. Ada berbagai macam jenis obat benzo di tabel 1 di bawah. Ada perbedaan yang jelas diantara jenis-jenis benzo tersebut, dosis yang bervariasi ada yang hingga setara 20 kalinya. Contoh, 0,5 mg alpra (xanax) setara dengan 10 mg diazepam (valium). Demikian orang yang dengan dosis 6 mg alpra perhari, dosis yang tidak umum di USA, sama dengan minum 120 mg diazepam perhari, dosis yang sangat tinggi. Perbedaan kekuatan benzo tidak selalu diterima oleh dokter, bahkan tidak setuju dengan persamaan di tabel di bawah ini. Namun orang-orang dengan benzo alpra, lorazepam (ativan), clonazepam (klonopin,Riklona), cenderung mengkonsumsinya dengan dosis yng tinggi. Perbedaan potensi ini sangat penting ketika seseorang ingin beralih dari benzo satu ke benzo yang lain, seperti contoh beralih ke diazepam ketika menarik obat, yang akan dijelaskan di bab berikutnya.

Kecepatan Eliminasi. Obat-obat benzo juga masing-masing berbeda dalam kecepatan metabolismenya (di liver) dan dihilangkan dari tubuh (melalui urine). Contoh, “half-time” (waktu yang dibutuhkan oleh konsentrasi darah hingga setengah dari nilai awalnya setelah satu dosis) untuk triazolam (Halcion) itu hanya 2 – 5 jam, sedangkan “hal-life”-nya diazepam adalah 20 – 100 jam, jadi masa aktif metabolismenya diazepam (desmethyldiazepam) adalah 36 – 200 jam. Ini artinya setengah masa aktif diazepam masih ada di dalam sirkulasi darah hingga 200 jam dari dosis sekali. Lebih jelasnya, dengan dosis yang berulang akan terakumulasi dan terkonsentrasi tinggi di dalam tubuh (biasanya di dalam lemak).



Table 1. BENZODIAZEPINES AND SIMILAR DRUGS5
Benzodiazepines5
Half-life (hrs)1
[active metabolite]
Market Aim2
Approximately Equivalent
Oral dosages (mg)3
Alprazolam (Xanax)
6-12
a
0.5
Bromazepam (Lexotan, Lexomil)
10-20
a
5-6
Chlordiazepoxide (Librium)
5-30 [36-200]
a
25
Clobazam (Frisium)
12-60
a,e
20
Clonazepam (Klonopin, Riklonal)
18-50
a,e
0.5
Clorazepate (Tranxene)
[36-200]
a
15
Diazepam (Valium)
20-100 [36-200]
a
10
Estazolam (ProSom)
10-24
h
1-2
Flunitrazepam (Rohypnol)
18-26 [36-200]
h
1
Flurazepam (Dalmane)
[40-250]
h
15-30
Halazepam (Paxipam)
[30-100]
a
20
Ketazolam (Anxon)
30-100 [36-200]
a
15-30
Loprazolam (Dormonoct)
6-12
h
1-2
Lorazepam (Ativan)
10-20
a
1
Lormetazepam (Noctamid)
10-12
h
1-2
Medazepam (Nobrium)
36-200
a
10
Nitrazepam (Mogadon,dumolid)
15-38
h
10
Nordazepam (Nordaz, Calmday)
36-200
a
10
Oxazepam (Serax, Serenid, Serepax)
4-15
a
20
Prazepam (Centrax)
[36-200]
a
10-20
Quazepam (Doral)
25-100
h
20
Temazepam (Restoril, Normison, Euhypnos)
8-22
h
20
Triazolam (Halcion)
2
h
0.5
Non-benzodiazepines with similar effects4,5



Zaleplon (Sonata)
2
h
20
Zolpidem (Ambien, Stilnoct)
2
h
20
Zopiclone (Zimovane, Imovane)
5-6
h
15
Eszopiclone (Lunesta)
6 (9 in elderly)
h
3
  • 1.      Half-life: waktu yang dibutuhkan oleh obat untuk mencapai reaksi tertinggi dalam sirkulasi darah setelah satu kali dosis. Bisa berbeda di tiap orang.
  • 2.       Market aim: walaupun semua benzo mempunyai kerja yang sama, mereka biasanya dikelompokkan menjadi: obat anxyliotics (a) hypnotics (h) dan anti-convulsant (n).
  • 3.       Obat-obat tersebut berbeda secara kimia tapi mempunya efek yang sama ke tubuh dan mempunyai mekanisme yang sama.
  • 4.       Semua obat ini hanya direkomendasikan untuk pemakaian jangka pendek (maksimal 2 – 4 minggu).



Durasi Efek. Kecepatan eliminasi benzo sangat penting dalam menentukan durasi efek. Bagaimanapun, durasinya bahkan bisa kurang dari half-life. Benzo pada umumnya efeknya akan terasa dalam waktu beberapa jam. Namun obat ini, selama ini mereka masih ada dalam darah, akan terus menyebabkan dampak pada tubuh. Hal itu akan muncul ketika dosis kurang atau dihentikan.

Cara Kerja Benzo. Tanpa memperhatikan potensi, kecepatan eliminasi atau durasi efek, cara kerjanya di tubuh adalah sama untuk semua benzo. Semua sama baik kategori anxyliotics, hypnotics atau anti-convulsant. Semua benzo mempunyai 5 efek utama yang digunakan untuk terapi: anxyliotics, hypnotics, anti-convulsant, relaksasi otot, dan amnesic (daya ingat yang lemah).


Table 2. THERAPEUTIC ACTIONS OF BENZODIAZEPINES (IN SHORT-TERM USE)
Action
Clinical Use
Anxiolytic - relief of anxiety
- Anxiety and panic disorders, phobias
Hypnotic - promotion of sleep
- Insomnia
Myorelaxant - muscle relaxation
- Muscle spasms, spastic disorders
Anticonvulsant - stop fits, convulsions
- Fits due to drug poisoning, some forms of epilepsy
Amnesia - impair short-term memory
- Premedication for operations, sedation for
  minor surgical procedures
Penggunaan lain:
1.       Detoksifikasi alkohol
2.       Psikosis akut dengan kegembiraan yang berlebihan dan agresivitas


Fungsi di atas, yang diberikan oleh setiap benzo dalam tingkatan yang sedikit berbeda, beberapa diberikan untuk pengobatan tertentu. Beberapa obat bisa dibandingkan dengan mereka dalam kemanjuran, serangan yang cepat dan toksisitas akut rendah. Dalam penggunaan jangka pendek, benzo dapat berharga, bahkan kadang menyelamatkan hidup, melintasi jarak yang luas dalam klinis seperti dalam tabel 2. Kerugian didapatkan dari pemakaian benzo dalam pemakaian jangka panjang (melebihi 4 minggu). Sangat tidak disarankan untuk pemakaian lebih dari itu.

Mekanisme kerja. Orang yang sedang berjuang untuk lepas dari benzo akan sadar bahwa obat ini mempunyai efek samping kepada pikiran dan badan di luar dari cara kerja terapisnya. Langsung atau  tidak langsung, benzo mempengaruhi semua fungsi otak. Untuk yang tertarik bagaimana dan kenapa, penjelasan pendek akan diberikan tentang mekanisme benzo yang mampu memberikan dampak yang luas bagi tubuh.

Semua benzo bekerja dengan meningkatkan kerja zat kimia otak alami, GABA (gamma amino butiric acyd). GABA adalah neurotransmitter, yang mengirim semua pesan dari satu sel otak (neuron) ke yang lainnya. Pesan yang dikirim GABA adalah yang menghalangi, yang menyuruh neuron untuk lebih lambat atau berhenti. Karena sekitar 40% dari jutaan neuron yang ada di otak yang merespon GABA, hal ini berarti GABA mempunyai pengaruh mendiamkan kerja otak; dalam beberapa hal adalah obat penenang dan hypnotic alamai tubuh. Cara kerja alami GABA ini ditambah oleh benzo lebih banyak dan banyak lagi (bahkan terlalu banyak) menghalangi pengaruhnya ke neuron.


Fig. 1. Diagram of mechanism of action of the natural neurotransmitter GABA (gamma-aminobutyric acid) and benzodiazepines on nerve cells (neurons) in the brain
Description: http://www.benzo.org.uk/images/bzcha1.jpg
(1,2) impuls syaraf menyebabkan GABA keluar menuju neuron 1
(3) GABA meluncur diantara neuron
(4) GABA berreaksi dengan reseptor di neuron 2, reaksinya menyebabkan ion klorida (Cl’) memasuki neuron
(5) efek ini menghalangi kelanjutan perkembangan dari impuls saraf
(6, 7) benzo berreaksi dengan booster site di GABA reseptor
(8) hal ini menambah efek yang menghalangi GABA, impuls saraf yang sedang berjalan bisa terhambat.


Cara di mana GABA mengirimkan pesan penghambatan adalah dengan perangkat elektronik pintar. reaksinya dengan site khusus (GABA-reseptor) di luar penerima membuka saluran neuron, yang memungkinkan partikel bermuatan negatif (ion klorida) untuk lolos ke dalam neuron. Ion-ion negatif "supercharge" neuron yang membuatnya kurang responsif terhadap neurotransmiter lain yang biasanya akan membangkitkan itu. Benzodiazepin juga bereaksi sama dengan site mereka sendiri (reseptor benzodiazepine), terletak tepat di GABA reseptor. Kombinasi dari benzodiazepine di site ini bertindak sebagai booster untuk tindakan GABA, memungkinkan ion klorida lebih cepat untuk memasuki neuron, sehingga lebih tahan terhadap eksitasi. Berbagai subtipe reseptor benzodiazepine memiliki tindakan yang sedikit berbeda. Salah satu subtipe (alpha 1) bertanggung jawab untuk efek penenang, dan yang lain (alpha 2) untuk efek anti-kecemasan, dan kedua alpha 1 dan alpha 2, serta alpha 5, untuk efek antikonvulsan. Semua benzodiazepin bergabung, untuk tingkat yang lebih besar atau lebih kecil, dengan semua subtipe ini dan semua meningkatkan aktivitas GABA di otak.

Sebagai konsekuensi dari peningkatan aktivitas penghambatan GABA yang disebabkan oleh benzodiazepin , output otak rangsang neurotransmitter, termasuk norepinefrin ( noradrenalin ) , serotonin , asetil kolin dan dopamin , berkurang . Rangsang neurotransmitter tersebut diperlukan untuk kewaspadaan normal, memori , otot dan koordinasi , respon emosional , sekresi kelenjar endokrin , denyut jantung dan mengontrol tekanan darah dan sejumlah fungsi lainnya , yang semuanya mungkin terganggu oleh benzodiazepin . reseptor benzodiazepine lainnya , tidak terkait dengan GABA , yang hadir dalam ginjal , usus , sel-sel darah dan korteks adrenal dan ini juga dapat dipengaruhi oleh beberapa benzodiazepin . Tindakan langsung dan tidak langsung bertanggung jawab atas efek samping terkenal dari dosis dengan benzodiazepin .


EFEK BENZO YANG MERUGIKAN

Oversedation (Ketenangan yang terlalu banyak) . Oversedation adalah ekstensi yang berhubungan dengan dosis obat penenang / efek hipnotis benzodiazepin . Gejala tersebut termasuk mengantuk , konsentrasi yang buruk , inkoordinasi , kelemahan otot , pusing dan kebingungan mental . Ketika benzodiazepin yang diambil pada malam hari seperti pil tidur , obat penenang dapat bertahan pada hari berikutnya sebagai efek “mabuk” , terutama dengan persiapan perlahan dihilangkan ( Tabel 1 ) . Namun , toleransi terhadap efek obat penenang biasanya berkembang selama satu atau dua minggu dan pasien dengan kecemasan yg minum benzodiazepin siang hari jarang mengeluh mengantuk meskipun terasa baik-baik saja dan beberapa fungsi memori mungkin masih terganggu .

Oversedation berlanjut lebih lama dan lebih banyak dijumpai pada orang tua dan dapat menyebabkan jatuh dan patah tulang . Keadaan bingung akut terjadi pada orang tua bahkan setelah dosis kecil benzodiazepin . Oversedation dari benzodiazepin bisa menyebabkan kecelakaan di rumah dan di tempat kerja dan studi dari berbagai negara telah menunjukkan hubungan yang signifikan antara penggunaan benzodiazepin dan resiko kecelakaan lalu lintas yang serius . Orang yang memakai benzodiazepin harus memperhatikan risiko mengemudi dan mengoperasikan mesin .

Interaksi obat. Benzodiazepin memiliki efek aditif dengan obat lain dengan tindakan obat penenang termasuk hipnotik lainnya , beberapa antidepresan ( misalnya amitriptyline [ Elavil ] , doksepin [ Adapin , Sinequan ] ) , penenang besar atau neuroleptik ( misalnya proklorperazin [ Compazine ] , trifluoperazine [ Stelazine ] ) , antikonvulsan ( misalnya fenobarbital , fenitoin [ Dilantin ] , carbamazepine [ Atretol , Tegretol ] ) , antihistamin sedatif ( misalnya diphenhydramine [ Benadryl ] , promethazine [ Phenergan ] ) , opiat ( heroin , morfin , meperidine ) , dan yang penting , alkohol . Pasien yang memakai benzodiazepin harus diperingatkan interaksi ini . Jika obat penenang yang diambil di dosis tinggi , benzodiazepin dapat menambah risiko kematian .

Gangguan Memori . Benzodiazepin telah lama diketahui menyebabkan amnesia , efek obat digunakan sebagai premedikasi sebelum operasi besar atau untuk prosedur bedah minor . Kehilangan memori untuk peristiwa yang tidak menyenangkan adalah efek yang diterima dalam keadaan ini . Untuk tujuan ini , dosis tunggal cukup besar diberikan dan benzodiazepin short-acting ( mis midazolam ) dapat diberikan secara intravena.

Dosis oral benzodiazepin dalam kisaran dosis yang digunakan untuk insomnia atau kecemasan juga dapat menyebabkan gangguan memori . Kekurangan dalam memperoleh informasi baru , sebagian karena kurangnya konsentrasi dan perhatian . Selain itu, obat menyebabkan defisit tertentu dalam memori " episodik " , yang mengingat kejadian terakhir, keadaan di mana mereka terjadi , dan urutan mereka dalam waktu . Sebaliknya , fungsi memori lainnya ( memori untuk kata-kata , kemampuan mengingat nomor telepon selama beberapa detik , dan mengingat kenangan jangka panjang ) tidak terganggu . Penurunan memori episodik kadang-kadang menyebabkan penyimpangan memori atau " pemadaman " . Hal ini menyatakan bahwa dalam beberapa hal penyimpangan memori tersebut mungkin menyebabkan perilaku seperti biasanya seperti mencuri di toko.

Benzodiazepin sering diresepkan untuk reaksi terkait stres akut . Pada saat itu mereka mungkin mampu meringankan penderitaan, tetapi jika digunakan untuk lebih dari beberapa hari mereka dapat mencegah penyesuaian psikologis normal trauma tersebut . Dalam kasus kehilangan atau kematian mereka dapat menghambat proses berduka yang mungkin masih belum terselesaikan selama bertahun-tahun . Di negara-negara kecemasan lainnya , termasuk gangguan panik dan agoraphobia , benzodiazepin dapat menghambat pembelajaran strategi alternatif menghadapi stres , termasuk pengobatan perilaku kognitif .

Efek Stimulan Paradoks . Benzodiazepin kadang menyebabkan kegembiraan paradoks dengan peningkatan kecemasan , insomnia , mimpi buruk , halusinasi pada awal tidur , lekas marah , perilaku hiperaktif atau agresif , dan eksaserbasi kejang pada penderita epilepsi . Serangan kemarahan dan perilaku kekerasan , termasuk kekerasan ( dan bahkan pembunuhan ) , telah dilaporkan , terutama setelah pemberian intravena tetapi juga setelah pemberian oral.  Iiritabilitas dan argumentativeness meningkat dramatis jauh lebih umum dan sering terjadi pada pasien atau keluarga mereka . Reaksi tersebut mirip dengan yang kadang-kadang dipicu oleh alkohol . Mereka yang paling sering cemas dan individu yang agresif , anak-anak , dan orang tua . Karena mereka mungkin ingin melepaskan atau menghambat kecenderungan perilaku yang biasanya ditekan oleh pembatasan sosial . Kasus " pemukulan bayi " , pemukulan istri dan " penganiayaan lansia " telah dikaitkan dengan benzodiazepin .

Depresi, Penumpulan Emosional. Pengguna benzodiazepine jangka panjang, seperti pecandu alkohol dan pasien ketergantungan barbiturat, sering depresi, dan depresi yang pertama mungkin muncul selama penggunaan benzodiazepine berkepanjangan. Benzodiazepin mungkin menyebabkan dan memperburuk depresi, mungkin dengan mengurangi output neurotransmitter otak seperti serotonin dan norepinefrin (noradrenalin). Namun, kecemasan dan depresi sering hidup berdampingan dan benzodiazepin sering diresepkan untuk kegelisahan campuran dan depresi. Kadang-kadang obat itu nampaknya untuk mengendapkan kecenderungan bunuh diri pada pasien tersebut. Yang pertama 50 pasien datang ke klinik penarikan obat saya (dilaporkan pada tahun 1987), sepuluh telah mengambil overdosis narkoba masuk rumah sakit saat efek obat benzodiazepine kronis; hanya dua dari mereka memiliki sejarah penyakit depresi sebelum mereka diresepkan benzodiazepin. Depresi meningkat pada pasien setelah penarikan benzodiazepine dan tidak mengambil dosis lebih lanjut selama 10 bulan hingga 3,5 tahun masa tindak lanjut setelah penarikan. Pada tahun 1988 Komite Keselamatan Obat di Inggris merekomendasikan bahwa "benzodiazepin seharusnya tidak digunakan sendiri untuk mengobati depresi atau kecemasan terkait dengan depresi. Keinginan bunuh diri dapat mengendap pada pasien tersebut".

" Emotional anestesi " , ketidakmampuan untuk merasakan kesenangan atau rasa sakit, adalah keluhan umum dari pengguna benzodiazepin jangka panjang . Seperti penumpulan emosional mungkin berhubungan dengan efek penghambatan aktivitas benzo di pusat-pusat emosi di otak . Mantan pengguna benzodiazepin jangka panjang sering menyesal kurangnya respon emosional kepada anggota keluarga - anak-anak dan pasangan atau mitra - selama periode ketika mereka mengambil obat . Penggunaan benzodiazepine kronis dapat menjadi penyebab ketidakharmonisan rumah tangga dan bahkan pernikahan break- up.

Efek Samping pada Orang Tua . Orang tua lebih sensitif dibandingkan orang yang lebih muda untuk efek depresan pada sistem saraf pusat dengan benzodiazepin . Benzodiazepin dapat menyebabkan kebingungan , melamun malam-malam , amnesia , ataksia ( kehilangan keseimbangan ) , efek mabuk dan " pseudodementia " (kadang-kadang salah dikaitkan dengan penyakit Alzheimer ) pada orang tua dan harus dihindari sedapat mungkin . Peningkatan sensitivitas terhadap benzodiazepin pada orang tua adalah sebagian karena mereka kurang efisien memetabolisme  obat daripada orang yang lebih muda , sehingga efek obat bertahan lebih lama dan akumulasi obat mudah terjadi dengan penggunaan biasa . Namun, bahkan pada konsentrasi darah yang sama , efek depresan dari benzodiazepin yang lebih besar pada orang tua , mungkin karena mereka memiliki sel-sel otak lebih sedikit dan kurangnya kapasitas cadangan otak daripada orang yang lebih muda .

Untuk alasan ini , umumnya disarankan bahwa , jika benzodiazepin digunakan pada orang tua , dosis harus setengah yang direkomendasikan untuk orang dewasa , dan menggunakan ( seperti untuk orang dewasa ) harus jangka pendek ( 2 minggu ) saja. Selain itu , benzodiazepin tanpa metabolit aktif ( mis oxazepam [ Serax ] , temazepam [ Restoril ] ) ditoleransi lebih baik dibandingkan dengan yang lama dihilangkan dari tubuh ( mis chlordiazepoxide [ Librium ] , nitrazepam [ mogadon ] ) . Potensi setara benzodiazepin yang berbeda kurang lebih sama di orang tua seperti dalam orang muda ( Tabel 1 ) .

Efek Samping pada Kehamilan . Benzodiazepin melewati plasenta , dan jika diminum secara teratur oleh ibu pada akhir kehamilan , bahkan dalam dosis terapi , dapat menyebabkan komplikasi neonatal. Janin dan metabolisme neonatus benzodiazepin sangat lambat , dan konsentrasi yang cukup dapat bertahan pada bayi hingga dua minggu setelah lahir , sehingga dalam "floppy infant syndrome" otot lemah , ketenangan yang berlebihan , dan kegagalan untuk menyusu . Gejala penarikan dapat berkembang setelah sekitar dua minggu dengan hipereksitabilitas , menangis dengan nada tinggi dan kesulitan makan .

Benzodiazepin dalam dosis terapi tampaknya membawa sedikit risiko menyebabkan malformasi kongenital utama . Namun, penggunaan berlebihan pada ibu dapat mengganggu pertumbuhan janin intrauterine dan perkembangan otak menghambat . Ada peningkatan kekhawatiran bahwa anak-anak tersebut di kemudian hari mungkin rentan terhadap gangguan perhatian defisit , hiperaktif , kesulitan belajar , dan spektrum gangguan autis .

Toleransi. Toleransi untuk banyak efek benzodiazepin berkembang dengan penggunaan biasa : dosis obat yang asli memiliki efek semakin kurang dan dosis yang lebih tinggi diperlukan untuk mendapatkan efek yang asli. Hal ini sering menyebabkan dokter untuk meningkatkan dosis dalam resep mereka atau untuk menambah benzodiazepine lain sehingga beberapa pasien telah akhirnya mengambil dua benzodiazepin sekaligus.


Namun , toleransi terhadap berbagai tindakan benzodiazepin berkembang pada tingkat bervariasi dan derajat yang berbeda. Toleransi terhadap efek hipnotis berkembang pesat dan rekaman tidur telah menunjukkan bahwa pola tidur , termasuk tidur nyenyak ( gelombang lambat tidur ) dan bermimpi ( yang awalnya ditekan oleh benzodiazepin ) , kembali ke tingkat pra - pengobatan setelah beberapa minggu penggunaan benzodiazepine biasa . Demikian pula , pengguna obat pada siang hari untuk kegelisahan tidak lagi merasa mengantuk setelah beberapa hari.

Toleransi terhadap efek anxiolytic berkembang lebih lambat tapi ada sedikit bukti bahwa benzodiazepin mempertahankan efektivitas mereka setelah beberapa bulan. Bahkan penggunaan benzodiazepine jangka panjang bahkan dapat memperburuk gangguan kecemasan. Banyak pasien menemukan bahwa gejala-gejala kecemasan secara bertahap meningkatkan selama bertahun-tahun meskipun penggunaan benzodiazepine terus menerus, dan serangan panik dan agoraphobia mungkin muncul untuk pertama kalinya setelah tahun penggunaan yang berlebihan. Seperti memburuknya gejala selama penggunaan benzodiazepine jangka panjang mungkin karena pengembangan toleransi terhadap efek anxiolytic, sehingga gejala penarikan muncul bahkan di hadapan lanjutan dari obat. Namun, toleransi mungkin tidak lengkap dan pengguna dengan dosis banyak kadang-kadang melaporkan khasiat berkelanjutan, yang mungkin sebagian karena penekanan efek penarikan. Namun demikian, dalam kebanyakan kasus gejala berangsur-angsur hilang setelah sukses tappering dan penarikan benzodiazepin. Di antara 50 pasien datang pertama ke klinik saya, 10 pasien menjadi agoraphobic untuk pertama kalinya saat mengambil benzodiazepin. Gejala agoraphobic mereda secara dramatis dalam waktu satu tahun penarikan, bahkan pada pasien yang telah tinggal di rumah, dan tidak ada yang lumpuh oleh agoraphobia pada saat tindak lanjut (10 bulan hingga 3,5 tahun setelah penarikan).

Toleransi terhadap efek antikonvulsan benzodiazepin membuat mereka umumnya tidak cocok untuk mengontrol epilepsi jangka panjang. Toleransi terhadap efek motor benzodiazepin dapat berkembang ke tingkat yang luar biasa sehingga orang-orang di dosis yang sangat besar mungkin dapat naik sepeda dan bermain game bola . Namun , toleransi lengkap untuk efek pada memori dan kognisi tampaknya tidak terjadi. Banyak penelitian menunjukkan bahwa fungsi-fungsi ini tetap terganggu pada pengguna kronis , pulih perlahan-lahan , meskipun kadang-kadang tidak lengkap , setelah penarikan .

Toleransi adalah fenomena yang berkembang pada penggunaan obat jangka panjang (termasuk alkohol, heroin dan morfin dan ganja). Tubuh merespon kehadiran lanjutan dari obat dengan serangkaian penyesuaian yang cenderung mengatasi efek obat. Dalam kasus benzodiazepin, perubahan kompensasi terjadi dalam GABA dan benzodiazepine reseptor yang menjadi kurang responsif, sehingga tindakan penghambatan GABA dan benzodiazepin menurun. Pada saat yang sama ada perubahan dalam sistem sekunder dikendalikan oleh GABA sehingga aktivitas rangsang neurotransmitter cenderung dipulihkan. Toleransi terhadap efek yang berbeda dari benzodiazepin dapat bervariasi antara individu - mungkin sebagai akibat dari perbedaan intrinsik neurologis dan kimia make-up yang tercermin dalam karakteristik kepribadian dan kerentanan terhadap stres. Pengembangan toleransi adalah salah satu alasan orang menjadi tergantung pada benzodiazepin, dan juga menentukan tempat untuk sindrom penarikan, dijelaskan dalam bab berikutnya.

Ketergantungan. Benzodiazepin berpotensi menjadi obat adiktif : ketergantungan psikologis dan fisik dapat berkembang dalam beberapa minggu atau bulan, penggunaan biasa atau berulang . Ada beberapa jenis tumpang tindih ketergantungan benzodiazepine .

Ketergantungan Dosis Terapi . Orang-orang yang telah ketergantungan  pada dosis terapi benzodiazepin biasanya memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut .
  • Mereka sudah diresepkan benzo untuk terapi (biasanya dosis rendah) selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.
  • Mereka secaraf bertahap telah ketergantungan benzo untuk beraktivitas normal, dalam kegiatan sehari-hari.
  • Mereka tetap menggunakan benzo walaupun sudah tidak terjadi keluhan.
  •  Mereka kesulitan untuk mengurangi dosis, berhenti, karena terjadi efek penarikan obat.
  • Dalam short-act benzo (Tabel 1) mereka mengalami kecemasan diantara dosis, atau merasa tersiksa menunggu dosis berikutnya.
  • Mereka pergi ke dokter lagi untuk meminta resep lagi.
  • Mereka cemas ketika resep beirkutnya tidak ada di apotek, mereka membawa obat ekstra kemanapun pergi untuk berjaga-jaga mereka butuh dosis ekstra untuk mengatasi stres yang dihadapi atau malam menjelang tidur.
  •  Dosis mereka bertambah dari resep yang pertama kali.
  • Mereka mengalami gangguan kecemasan, panik, agoraphobia, insomnia, depresi dan gejala fisik dari efek meminum obat berkelanjutan.

Jumlah orang di seluruh dunia yang mengambil benzodiazepin dan diresepkan sangat besar . Misalnya , di Amerika Serikat hampir 11 persen dari populasi besar yang disurvei pada tahun 1990 melaporkan menggunakan benzo beberapa  tahun sebelumnya . Sekitar 2 persen dari populasi orang dewasa AS ( sekitar 4 juta orang ) tampaknya telah menggunakan  hipnotik benzodiazepine atau obat penenang secara teratur selama 5 sampai 10 tahun atau lebih . Angka-angka yang sama berlaku di Inggris , lebih dari sebagian besar Eropa dan di beberapa negara Asia . Sebagian besar dari pengguna jangka panjang ini harus , setidaknya untuk beberapa derajat , tergantung . Persis berapa banyak tergantung tidak jelas ; itu tergantung sampai batas tertentu pada bagaimana ketergantungan didefinisikan . Namun, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa 50-100 persen dari pengguna jangka panjang mengalami kesulitan dalam menghentikan benzodiazepin karena gejala penarikan , yang dijelaskan pada Bab III .

Ketergantungan Efek Dosis Tinggi . Sebagian kecil pasien yang mulai pada benzodiazepin ditentukan mulai " membutuhkan " dosis yang lebih besar dan lebih besar . Pada awalnya mereka dapat membujuk dokter mereka untuk meningkat ukuran resep , tetapi mencapai batas yang prescriber ini mampu, dapat menghubungi beberapa dokter atau departemen rumah sakit untuk mendapatkan pasokan lebih lanjut yang mereka sendiri meresepkan. Kadang-kadang kelompok ini menggabungkan benzodiazepine dengan konsumsi alkohol yang berlebihan. Pasien dalam kelompok ini cenderung sangat cemas, depresi dan mungkin memiliki kepribadian yang sulit. Mereka mungkin memiliki sejarah obat penenang lain atau penyalahgunaan alkohol. Mereka biasanya tidak menggunakan obat-obatan terlarang , tetapi dapat memperoleh " jalan " benzodiazepin jika sumber lain gagal .

Rekreasi Penyalahgunaan Benzodiazepine . Penggunaan rekreasi benzodiazepin merupakan masalah yang berkembang. Sebagian besar ( 30-90 persen ) dari pelaku polydrug seluruh dunia juga menggunakan benzodiazepin. Benzodiazepin digunakan dalam konteks ini untuk meningkatkan "tendangan" yang diperoleh dari obat-obatan terlarang , terutama opiat , dan untuk meringankan gejala penarikan obat lain penyalahgunaan ( opiat , barbiturat , kokain , amfetamin dan alkohol ) . Orang-orang yang telah diberi benzodiazepin selama detoksifikasi alkohol kadang-kadang menjadi tergantung pada benzodiazepin dan mungkin penyalahgunaan benzodiazepin sah yang diperoleh serta kambuh dalam penggunaan alkohol . Kadang dosis tinggi benzodiazepin digunakan sendiri untuk mendapatkan " tinggi " .

Penggunaan rekreasi diazepam , alprazolam , lorazepam , temazepam , triazolam , flunitrazepam dan lain-lain telah dilaporkan di berbagai negara. Biasanya obat yang diambil secara oral, sering dalam dosis yang jauh lebih besar daripada yang digunakan terapi ( e.g.100mg diazepam atau setara setiap hari) namun beberapa pengguna menyuntikkan benzodiazepin intravena . Pengguna dosis tinggi ini mengembangkan toleransi tingkat tinggi terhadap benzodiazepin dan , meskipun mereka mungkin menggunakan obat sebentar-sebentar , beberapa menjadi tergantung . Detoksifikasi pasien ini sulit  karena reaksi penarikan dapat parah dan mencakup kejang .

Populasi pengguna rekreasi sekarang mungkin relatif kecil , mungkin sepersepuluh dari yang jangka panjang yang ditentukan pengguna dosis terapi , tapi mungkin berjumlah beberapa ratus ribu di Amerika Serikat dan Eropa Barat , dan tampaknya meningkat . Ini adalah akibat  overprescription medis benzodiazepin , sehingga kehadiran mereka  banyak di rumah tangga, membuat mereka mudah tersedia dan tidak diragukan lagi membantu mereka masuk ke dalam penyalahgunaan obat terlarang. Sumber pada sekarang ini digunakan untuk pengguna terlarang tanpa resep , pencurian dari toko obat , atau impor ilegal.

Biaya Sosial ekonomi dari penggunaan benzodiazepine jangka panjang . Biaya sosial ekonomi tingkat tinggi pada pengguna benzodiazepine jangka panjang yang cukup besar , meskipun sulit untuk diukur. Sebagian besar telah disebutkan di atas dan diringkas dalam Tabel 3. Konsekuensi ini bisa diminimalisir jika resep untuk benzodiazepin jangka panjang mengalami penurunan . Namun banyak dokter terus meresepkan benzodiazepin dan pasien yang ingin menarik obat dan menerima saran sedikit atau dukungan tentang cara untuk lepas dari obat itu . Bab berikut memberikan informasi praktis tentang penarikan yang , diharapkan , akan berguna baik untuk pengguna benzodiazepin jangka panjang dan untuk dokter mereka .


TABEL 3
DAMPAK SOSIAL EKONOMI AKIBAT PENGGUNAAN BENZO JANGKA PANJANG

  • Meningkatkan angka kecelakaan di jalan
  •  Meningkatkan resiko fatal dari overdosis jika digunakan dengan obat lain.
  •  Meningkatkan keinginan untuk bunuh diri, khususnya pada depresi.
  • Meningkatkan agresivitas dan perilaku kekerasan.Meningkatkan angka pencurian dan aksi anti sosial lainnya.
  • Berkontribusi pada rusaknya perkawinan/ hubungan kekeluargaan dikarenakan pelemahan kognitif dan emosional.
  •  Berkontribusi pada hilangnya pekerjaan, karena kehilangan semangat bekerja.
  •  Biaya medis dan rumah sakit untuk terapi.
  • Efek yang merugikan pada ibu mengandung kepada bayinya dan bayi yang baru lahir
  • Ketergantungan dan penyalahgunaan obat (baik untuk terapi maupun rekreasi).
  • Biaya untuk menebus resep.
  • Biaya untuk proses hukum jika menjadi masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar